Heru Budi: Sekitar Juni-Juli Ibu Kota Negara Pindah ke Nusantara

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 29 Mei 2024 11:11 WIB

Heru mengatakan Crisis Management Conference 2024 mungkin kesempatan terakhir Pemprov DKI menyebut diri sebagai DKI Jakarta, lantaran ke depan bakal jadi DKJ. Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. (CNN Indonesia/ Poppy Fadhilah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memberi isyarat kapan ibu kota negara bakal resmi pindah dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan.

Menurutnya itu bakal terjadi dalam waktu dekat.

"Bapak ibu adalah kemungkinan tamu terakhir nan kami sebut selamat datang di ibu kota DKI Jakarta. Kalimat ini mungkin kalimat terakhir, kelak tidak lebih dari bulan Juni, Juli dan seterusnya ibu kota bakal beranjak ke IKN Kalimantan," tuturnya kala berbincang dalam Crisis Management Conference 2024 di Hotel Langham Jakarta, Rabu (29/5).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Heru menuturkan kemungkinan aktivitas Crisis Management Conference 2024 menjadi kesempatan terakhir Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyebut DKI Jakarta sebagai ibu kota dalam sambutan acara.

Mulanya, Heru menyambut para hadirin aktivitas tersebut 'Selamat datang di DKI Jakarta'. Lalu dia mengatakan ke depan tak bakal ada lagi sambutan itu melainkan, 'selamat datang di DKJ'.

DKJ adalah singkatan dari Daerah Khusus Jakarta ketika ibu kota RI resmi pindah ke IKN Nusantara di Kalimantan.

"Selamat datang di DKI Jakarta nan sejenak lagi berubah namanya menjadi Daerah Khusus Jakarta dan ibu kota bakal beranjak ke ibu kota Kalimantan tinggal menghitung beberapa bulan lagi," kata Heru di hadapan para tamu undangan.

Heru mengatakan Jakarta nantinya bakal menjadi Kota Global. Karena itu, dia memerlukan masukan-masukan dari negara tetangga seperti Thailand hingga Jepang mengenai dengan manajemen krisis untuk ketahanan Kota Jakarta.

"Pertemuan ini diharapkan dapat memperkokoh keterlibatan jejaring kota, untuk memetakan strategi, jalur kolektif menuju ketahanan kota, meningkatkan kesiapsiagaan kota pada keadaan darurat, serta membentuk kota nan lebih handal dan berkepanjangan di masa depan," ujar laki-laki nan sebelumnya dikenal pula sebagai Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Jokowi.

Status Jakarta sebagai ibu kota baru bisa tergantikan oleh Nusantara di Kalimantan Timur andaikan Keputusan Presiden tentang UU IKN terbit. Belum diketahui kapan patokan itu diterbitkan.

(lna/kid)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional