Heru Budi Usai Tak Diusulkan Jadi Pj Gubernur Jakarta: Terima Kasih

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 13 Sep 2024 16:42 WIB

Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono mengaku berterima kasih setelah namanya tidak diusulkan DPRD Jakarta untuk menjadi Pj Gubernur lagi kepada Kemendagri. Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono buka bunyi setelah namanya tidak diusulkan DPRD Jakarta untuk menjadi Pj Gubernur Jakarta kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). (ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono buka bunyi setelah namanya tidak diusulkan DPRD Jakarta untuk menjadi Pj Gubernur Jakarta kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Alhamdulillah, terima kasih untuk semuanya," kata Heru saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Jumat (13/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Masa kedudukan Heru sebagai Pj Gubernur Jakarta bakal lenyap pada 17 Oktober 2024. Kemendagri lalu meminta DPRD Jakarta mengusulkan tiga nama untuk menjadi Pj Gubernur.

DPRD Jakarta lampau mengusulkan tiga nama kepada Kemendagri. Mereka antara lain Dirjen Dukcapil Kemendagri Teguh Setyabudi meraih 8 suara, Plt Sekretaris Jenderal Kemendagri Tomsi Tohir 7 suara, dan Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik 7 suara.

Nama-nama lain nan masuk bursa ialah Sekda DKI Joko Agus 2 suara, Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata DKI Jakarta Marullah Matali 1 suara, Heru Budi Hartono 1 suara, dan Pj Gubernur Papua Selatan Rudy Sufahriadi 1 suara.

Satu bunyi nan didapatkan Heru merupakan usulan dari PDIP Perjuangan (PDIP).

Ketua Sementara DPRD Jakarta Achmad Yani mengatakan tiga nama ialah Teguh, Tomsi, dan Akmal bakal diusulkan ke Mendagri.

"Berdasar hasil tersebut maka tiga nama bakal diajukan Ke Mendagri untuk jadi bahan pertimbangan dalam menetapkan Pj Gubernur Jakarta," kata Yani.

Sementara itu Wakil Ketua Sementara DPRD Jhonny Simanjuntak menyebut Heru tetap bisa menjadi Pj Gubernur Jakarta kendati tak diusulkan ke Kemendagri. Menurutnya, keputusan saat ini berada di tangan Presiden Joko Widodo.

"Kemungkinan itu bisa saja. Kalau misalnya kelak Kemendagri alias Presiden mengharapkan perlu adanya tindak lanjut dan tidak ada proses belajar lagi," kata Jhonny.

Di sisi lain, Pilkada Serentak 2024 baru digelar pada 27 November 2024. Pelantikan kepala wilayah terpilih rencananya digelar pada Februari 2025.

Di DKI Jakarta, pasangan calon gubernur-wakil gubernur nan mengikuti pilkada ialah Pramono Anung-Rano Karno, Ridwan Kamil-Suswono, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardhana.

(tim/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional