HUT ke-26 Bank Mandiri: Hadirkan Inovasi Digital Adaptif dan Solutif

Sedang Trending 1 jam yang lalu
ARTICLE AD BOX

INFO BISNIS - Memasuki usia ke-26, Bank Mandiri mengokohkan posisinya sebagai salah satu bank terkemuka di Indonesia dengan menghadirkan penemuan digital nan adaptif dan solutif. Mengusung tema "Adaptif dan Solutif," Bank Mandiri merayakan momen ini dengan meluncurkan beragam fitur digital baru nan bermaksud memudahkan pengguna dalam mengakses jasa perbankan, mengelola keuangan, hingga mendukung style hidup berkelanjutan, Sabtu, 5 Oktober 2024 lalu.

Direktur Utama Bank Mandiri, Darmawan Junaidi, menjelaskan bahwa penemuan ini sejalan dengan komitmen bank untuk terus mengembangkan solusi finansial nan sesuai dengan kebutuhan pengguna di era digital. Salah satu langkah krusial nan diambil adalah pembaruan besar pada aplikasi Livin' by Mandiri. Aplikasi ini sekarang datang dengan kreasi nan lebih modern dan intuitif, serta memanfaatkan teknologi machine learning untuk memberikan jasa nan lebih personal.

“Aplikasi Livin’ by Mandiri sekarang dilengkapi dengan teknologi kajian info nan bisa memahami perilaku transaksi nasabah, sehingga dapat merekomendasikan fitur dan promo sesuai preferensi pengguna. Nasabah juga bisa menyesuaikan tampilan laman utama aplikasi sesuai kebutuhan,” ungkap Darmawan.

Sejak diluncurkan pada Oktober 2021, Livin’ by Mandiri telah mencatatkan pertumbuhan nan luar biasa. Hingga Agustus 2024, aplikasi ini digunakan oleh lebih dari 27 juta pengguna, dengan nilai transaksi mencapai Rp2.589 triliun dan volume transaksi sebesar 2,4 miliar. Hal ini menunjukkan besarnya kepercayaan pengguna terhadap jasa digital Bank Mandiri.

Selain pembaruan tampilan aplikasi, Bank Mandiri juga memperkenalkan fitur baru nan semakin memudahkan pengguna untuk mengelola keuangan, ialah Livin’ Investasi Saham. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi jual beli saham langsung melalui aplikasi, tanpa perlu beranjak ke platform lain. Dalam kerja sama dengan Mandiri Sekuritas, pengguna bisa membuka rekening biaya pengguna (RDN), melakukan deposit, penarikan dana, serta memantau portofolio investasi dalam satu aplikasi nan terintegrasi dengan fitur investasi lainnya seperti reksadana.

“Lewat Livin’ Investasi Saham, pengguna dapat memaksimalkan perencanaan finansial, serta melakukan diversifikasi portofolio secara lebih leluasa. Sehingga semakin dekat dengan tujuan finansial para nasabah,” ujar Darmawan.

Untuk semakin memanjakan nasabah, Bank Mandiri juga meluncurkan fitur Livin’poin. Dengan fitur ini, pengguna dapat memantau jumlah poin nan diperoleh secara real-time melalui aplikasi dan menukarkannya dengan beragam bingkisan pilihan. “Nasabah bisa mengumpulkan poin dari beragam transaksi nan dilakukan, serta melalui aktivitas menarik lainnya seperti permainan dan tantangan nan tersedia di aplikasi. Poin nan terkumpul dapat ditukarkan dengan beragam bingkisan menarik, mulai dari voucher potongan nilai untuk produk elektronik hingga airline miles,” kata Darmawan.

Bank Mandiri menegaskan bahwa *Livin’poin* dirancang untuk memberikan pengalaman nan lebih menyenangkan bagi pengguna dalam setiap transaksi, sekaligus menawarkan elastisitas nan memungkinkan pengguna memilih reward nan paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Iklan

Tidak berakhir di situ, Bank Mandiri juga memperkenalkan penemuan nan mendukung keberlanjutan lingkungan melalui inisiatif Livin’ Planet, sebuah fitur dalam aplikasi nan memberikan akses bagi pengguna untuk mendukung style hidup berkelanjutan. Dengan fitur ini, pengguna bisa menghitung jejak karbon nan dihasilkan dari aktivitas sehari-hari, seperti penggunaan kendaraan alias konsumsi energi. Selain itu, pengguna juga bisa ikut serta dalam program penanaman pohon untuk menyeimbangkan emisi karbon mereka.

Darmawan menjelaskan bahwa Livin’ Planet merupakan langkah Bank Mandiri untuk terlibat aktif dalam transisi menuju ekonomi rendah karbon. Melalui kalkulator karbon nan terintegrasi dalam aplikasi, pengguna dapat memantau akibat aktivitas mereka terhadap lingkungan secara berdikari dan transparan. Inisiatif ini tidak hanya membantu mengurangi emisi karbon, tetapi juga memberikan kontribusi pada ekonomi lokal melalui program penanaman pohon nan melibatkan masyarakat sekitar.

Selain konsentrasi pada jasa perbankan ritel, Bank Mandiri dalam HUT ke-26 ini juga meluncurkan pembaruan besar pada jasa wholesale banking dengan memperkenalkan jenis terbaru dari Kopra by Mandiri. Layanan ini diperbarui dengan tampilan lebih elegan dan fitur-fitur baru untuk memenuhi kebutuhan finansial pengguna korporasi dan institusi. Teknologi kepintaran buatan alias artificial intelligence pada Kopra by Mandiri memungkinkan pengguna untuk mendapatkan wawasan nan lebih mendalam dalam pengambilan keputusan finansial.

Salah satu penemuan dalam Kopra by Mandiri adalah fitur Cashflow Forecasting nan memberikan kemudahan bagi pengguna untuk memantau arus kas dan merencanakan kebutuhan finansial di masa depan dengan lebih akurat. Dengan pemanfaatan artificial intelligence, fitur ini menjadi salah satu unggulan dalam memberikan solusi bagi pengguna korporasi.

Lebih lanjut, Bank Mandiri mengintegrasikan Kopra by Mandiri dengan Livin' by Mandiri melalui ekosistem Unique All-Rounder Ecosystem untuk memperkuat ekosistem pengguna wholesale dan rantai pasok. Kolaborasi antara kedua platform ini memungkinkan adanya solusi terintegrasi seperti jasa Kopra to Livin' Financing nan mempercepat penerimaan pembayaran bagi supplier dan mendukung pengembangan ekosistem closed-loop.

“Di usia ke-26 ini, Bank Mandiri berkomitmen untuk terus menghadirkan jasa terbaik nan adaptif dan solutif bagi seluruh pengguna sekaligus memberikan kontribusi nyata bagi perekonomian nasional dengan menciptakan nilai tambah nan berfaedah bagi masyarakat,” kata Darmawan.(*)

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis