I Gusti Ngurah Rai Raih Lifetime Achievement CNN Indonesia Awards

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN INDONESIA AWARDS

CNN Indonesia

Senin, 13 Mei 2024 21:36 WIB

Penghargaan itu diberikan atas jasa I Gusti Ngurah Rai dalam memajukan dan menjaga kebudayaan lokal di Pulau Dewata. Jaksa Agung ST Burhanuddin menyerahkan piagam penghargaan kepada Anak Agung Nanik Suryani dan I Gusti Ngurah Agung Donal sebagai cucu dari anak pertama dan ketiga mendiang I Gusti Ngurah Rai. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Badung, CNN Indonesia --

Pahlawan Nasional asal Bali, I Gusti Ngurah Rai meraih penghargaan Lifetime Achievement Awards dengan kategori Outstanding Contribution Towards Developmental and Cultural Preservations of Bali dalam arena penghargaan CNN Indonesia Awards nan digelar di Badung, Bali pada Senin (13/5) hari ini.

Penghargaan itu diberikan atas jasa I Gusti Ngurah Rai dalam memajukan dan menjaga kebudayaan lokal di Pulau Dewata.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Penghargaan itu diberikan langsung oleh Jaksa Agung ST Burhanuddin kepada Anak Agung Nanik Suryani dan I Gusti Ngurah Agung Donal sebagai cucu dari anak pertama dan ketiga mendiang I Gusti Ngurah Rai.

Usai menerima penghargaan, Nanik dan Donal juga menyampaikan pesan nan diberikan I Gusti Ngurah Rai kepada Isterinya sebelum bergerilya.

"Anggaplah saya telah meninggal kapan pulang jangan dipikir, itulah pesan daripada kolonel anumerta I Gusti Ngurah Rai pada Desak Putu Kari nenek kami sebelum pergi gerilya ke seluruh Bali," kata Nanik usai menerima penghargaan.

I Gusti Ngurah Rai adalah laki-laki kelahiran Carang Sari, Badung, Bali pada 30 Januari 1917. Putra dari seorang manca alias camat itu menamatkan pendidikan HIS di Denpasar dan MULO di Malang.

Ia juga menempuh pendidikan militer dengan melanjutkan pendidikan di Sekolah Kader Militer di Gianyar dan mengikuti Corps Opleiding Voor Reserve Officieren (Coro) di Magelang, Jawa Tengah.

Ngurah Rai adalah sosok pemberani nan turut berjuang dalam membebaskan Indonesia dari penindasan kolonialis khususnya di Bali.

Ngurah Rai gugur dalam sebuah pertempuran di Tabanan, Bali pada 20 November 1946 dan dimakamkan di Candi Marga Tabanan Bali.

Atas jasanya tersebut, Pemerintah RI memberikan penghormatan dengan memberi gelar pahlawan nasional berasas SK Presiden RI no 63/TK/1975 tanggal 9 Agustus 1975. Ia juga dianugerahi Bintang Mahaputra dan kenaikan pangkat menjadi Brgijen TNI (Anumerta).

(mab/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional