Indonesia Bakal Impor 1.600 Dosis Vaksin Cacar Monyet dari Denmark

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyatakan pemerintah bakal mendatangkan 1.600 dosis vaksin cacar monyet (monkey pox/Mpox) ke Indonesia. Ia menyebut vaksin bakal diimpor dari Denmark.

"Kita sedang datangkan 1.600 lagi, bakal datang minggu ini dari Denmark juga," kata Budi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (27/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia menjelaskan Indonesia tetap mempunyai 40 dosis vaksin nan tersisa dari 1.000 dosis vaksin nan dipesan pada tahun lalu.

Budi menyebut sisa vaksin itu bakal didistribusikan terlebih dulu ke wilayah Bali untuk orang-orang nan berisiko tinggi seperti petugas laboratorium, tenaga kesehatan, dan golongan tertentu.

Tak hanya itu, pemerintah juga berupaya membeli vaksin Mpox dari Jepang. Ia mengaku mendapat pengarahan dari Presiden Joko Widodo untuk mendekati pemerintah Jepang lantaran mereka belum bersedia mengekspor vaksin cacar monyet.

"Rencana kita mau berupaya agar bisa dapat agak banyak lah, nan dari Jepang ini," kata dia.

Budi menegaskan untuk saat ini vaksin Mpox bukan untuk masyarakat umum. Ia mengatakan vaksin Mpox hanya untuk masyarakat kategori tertentu hingga tenaga medis sebagai garda terdepan.

Hal itu mengingat kesiapan vaksin tetap sangat terbatas dan mahal, ialah sekitar Rp3,5 juta per dosis.

"Vaksin ini bukan untuk masyarakat umum. Karena itu tadi, penularannya bukan seperti (Covid-19) ini. Penularannya betul-betul ada kontak seksual 95 persen nan sama seperti HIV," ujarnya.

(khr/tsa)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional