Indonesia-Kazakhstan Segera Rampungkan Perjanjian Kerja Sama Promosi dan Perlindungan Investasi

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Pemerintah Indonesia dan Kazakhstan berkomitmen segera merampungkan Perjanjian Kerja Sama Promosi dan Perlindungan Investasi antara kedua negara. Putaran kedua pembahasan perjanjian kerja sama ini dilaksanakan di Bali pada 6-7 Mei 2024. 

Proses negosiasi perjanjian kerja sama ini dihadiri oleh delegasi pemerintah Kazakhstan, ialah Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kehakiman, Kementerian Perdagangan dan Integrasi serta Badan Investasi alias Kazakh Invest. Sementara dari pihak pemerintah Indonesia diwakili oleh Kementerian Luar Negeri, Kementerian Investasi alias Badan Koordinasi Penanaman Modal, dan Otoritas Jasa Keuangan. 

Perjanjian kerja sama nan biasa disebut sebagai Bilateral Investment Treaty (BIT) ini nantinya berkedudukan untuk memberikan perlindungan norma dan kepastian berupaya baik bagi penanammodal Kazakhstan di Indonesia ataupun pelaku upaya Indonesia nan beriktikad berinvestasi di Kazakhstan.

Kedua negara rencananya bakal segera merampungkan perjanjian ini pada semester pertama tahun ini. Duta Besar (Dubes) RI untuk Kazakhstan, Fadjroel Rachman, mengatakan pemerintah Indonesia dan Kazakhstan berkomitmen untuk segera menyelesaikan proses negosiasi. 

“BIT bakal berkedudukan besar sebagai katalisator bagi peningkatan investasi dari Kazakhstan ke sektor-sektor potensial dan prioritas di Indonesia serta vice-versa,” ucap Fadjroel dalam rilis nan diterima Tempo. 

Iklan

Fadjroel menyatakan bahwa pihak Kazakhstan mempunyai intensi kuat untuk berinvestasi di Indonesia, khususnya di Ibu Kota Negara alias IKN. “Perusahaan mobilitas pandai Kazakhstan telah meluncurkan investasi proyek percontohan di IKN dan Balikpapan. Ditambah BI Group, perusahaan bangunan terbesar Kazakhstan, sedang menjajaki kesempatan investasi di IKN,” katanya.

Untuk segera menyelesaikan pembahasan BIT, pemerintah Indonesia dan Kazakhstan merencanakan kelanjutan proses negosiasi pada Juni 2024 melalui konvensi video.

Pilihan Editor: Menjelajahi Kazakhstan Sekali dalam Seumur Hidup, Melihat Sejarah dan Bermain Ski

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis