Ini Hal-Hal yang Wajib Diperhatikan Peserta CPNS 2024 agar Lolos SKD CAT

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, JakartaBadan Kepegawaian Negara (BKN) telah mengungkap skenario pembukaan pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) nan direncanakan dimulai pada minggu ketiga Agustus 2024. 

Masyarakat nan berkeinginan mengikuti rekrutmen dapat mempersiapkan diri untuk seleksi administrasi, lampau tahap seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bagian (SKB). 

Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) pun telah menerbitkan ketentuan mengenai nilai periode pemisah (passing grade) SKD berbasis komputer alias computer assisted test (CAT). 

Hal itu tertuang dalam Keputusan Menteri PANRB Nomor 321 Tahun 2024 tentang Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2024. 

Lantas, apa saja nan perlu diperhatikan sebelum mengikuti SKD CAT CPNS 2024? 

Strategi Jitu Hadapi SKD CAT CPNS 2024

Pada 2020, Analis Kebijakan di Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Lian Ifandri, mengatakan bahwa salah satu persiapan krusial nan kudu dilakukan peserta seleksi adalah mempelajari soal-soal SKD CPNS dari tahun-tahun sebelumnya. 

“Sering kali, soal-soal CPNS mempunyai pola nan sama dari tahun ke tahun. Soal-soal itu bisa dipelajari, sehingga saat mendapati soal nan sejenis ketika ujian, maka peserta bakal lebih mudah untuk menyelesaikannya,” kata Lian di Jakarta, Sabtu, 25 Januari 2020, seperti dikutip dari laman Kemenpan RB. 

Kemudian, dia juga menyarankan agar peserta SKD untuk teliti, tenang, dan memperhatikan manajemen waktu dalam mengerjakan soal. Pasalnya, menurut dia, kegugupan pada peserta bakal mengganggu konsentrasi dan konsentrasi dalam menyelesaikan soal-soal nan diujikan. 

Dia menuturkan, saat mengerjakan soal SKD CAT, peserta seleksi CPNS tidak hanya dituntut untuk tepat dalam menjawab, tetapi juga kudu menuntaskannya dalam kurun waktu nan singkat. Oleh lantaran itu, dia menyarankan untuk mengerjakan soal dari nan paling mudah dan dikuasai serta dapat melewati terlebih dulu soal-soal nan dirasa lebih sulit. 

“Apabila tetap terdapat sisa waktu, maka gunakanlah untuk mengerjakan soal nan belum dijawab di setiap jenis soal untuk menambah nilai. Strategi ini bisa dipakai untuk TWK (tes wawasan kebangsaan), TIU (tes intelegensia umum), dan TKP (tes karakter pribadi),” ucap Lian. 

Iklan

Sementara itu, Analis Perlindungan Perempuan dalam Situasi Bencana di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yeski Kelsederi mengatakan persiapan bentuk dan mental juga kudu diperhatikan sebelum menghadapi SKD. Dengan kondisi bentuk nan sehat dan prima, peserta bisa konsentrasi dalam mengerjakan soal. 

“Selain itu, persiapan mental nan mantap dan percaya kepada keahlian diri dapat mengantarkan keberhasilan pelamar dalam tes SKD,” ujar Yeski. 

Tips lain nan dibagikan Analis Hukum di Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Maersk Ramadani Gumay, adalah peserta kudu aktif mencari info di laman alias media sosial resmi lembaga nan dilamar. Peserta juga bisa berasosiasi ke grup WA untuk mendapatkan informasi-informasi krusial berangkaian dengan SKD CAT CPNS. 

“Kita juga kudu aktif dalam mencari info tentang SKD, seperti agenda tes, passing grade, keperluan nan dibutuhkan saat tes, dan lain sebagainya,” kata Maersk. 

Maersk juga mengingatkan peserta untuk selalu bermohon kepada Tuhan agar diberikan jalan nan terbaik ketika bakal mengikuti rekrutmen CPNS. 

“Saya sudah pernah kandas tes CPNS sebelumnya. Jadi, untuk teman-teman pelamar, jangan pernah menyerah ketika menghadapi beragam persoalan dan tetap tunjukkan upaya semaksimal mungkin ketika mengikuti tes nantinya,” ucap Maersk. 

MELYNDA DWI PUSPITA, berkontribusi dalam penulisan tulisan ini. 

Pilihan Editor: Terpopuler Bisnis: Dokumen nan Harus Disiapkan CPNS, Gaji Paskibraka, Utang Baru Pemerintah

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis