Iriana Jokowi Buka Acara HUT Dekranas di Solo, Pameran UMKM Hadirkan 257 Stan Produk Karya Pengrajin Indonesia

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Ibu Negara Iriana Jokowi membuka rangkaian aktivitas peringatan HUT ke-44 tahun Dewan Kerajinan Nasional alias Dekranas nan diselenggarakan di Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu, 15 Mei 2024. Pada hari ini juga digelar pameran produk upaya mikro, kecil, dan menengah (UMKM) kriya berjudul Dekranas Expo 2024 di lapangan alias Pamedan Pura Mangkunegaran Solo. 

Sebelum resmi membuka acara, Iriana mengapresiasi aktivitas peringatan HUT Dekranas nan diselenggarakan di Kota Solo. Isteri Presiden Jokowi itu memuji kecantikan para srikandi Indonesia nan datang dengan mengenakan busana unik wilayah masing-masing.

"Apa berita Ibu-Ibu? Tadi masuk pangling semua lantaran ibu-ibu semua nan datang di sini pakai kain masing-masing dari daerah," ucap Iriana.

Dia menyampaikan HUT ke-44 Dekranas itu diperingati dengan penyelenggaraan beragam rangkaian aktivitas nan dimulai sejak Maret 2024 hingga 15 Mei 2024. "Dan di hari nan spesial ini saya mengucapkan selamat hari ulang tahun Dekranas ke-44," katanya.  

Pembukaan aktivitas ditandai dengan pemukulan gong dan pemotongan tumpeng nan disaksikan oleh ratusan tamu undangan. Iriana didampingi Ketua Umum Dekranas Wurry Ma'ruf Amin, pengurus Dekranas tingkat daerah, hingga istri Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Selvi Ananda. 

"Saya resmikan pembukaan Dekranas Expo 2024, terima kasih," katanya.

Wurry Ma'ruf Amin dalam sambutannya mengatakan usia 44 tahun Dekranas, merupakan corak prestasi nan membanggakan dalam perjalanan produk industri kerajinan Indonesia. "Hari ini kita menghadapi beragam dinamika nan menuntut kita untuk terus berinovasi bekerja-sama dan beradaptasi gejolak ekonomi dunia nan sedang berjalan saat ini menjadi ujian bagi kita," kata Wurry.

Dia menilai keadaan itu merupakan kesempatan untuk merespons dengan produktivitas dan keuletan mengembangkan keterampilan, menjaga kualitas produk, dan terus memperluas jaringan pemasaran nasional dan internasional.

"Kita telah mendengar dan memandang gimana produk industri kerajinan Indonesia menjadi pusat perhatian dan mendapat pengakuan baik di tingkat nasional maupun internasional. Mari kita terus tumbuh berbareng menginspirasi satu sama lain dan mengangkat warisan budaya bangsa ke tingkat nan lebih tinggi,” tuturnya. 

Selanjutnya baca: Lomba Parade Mobil Hias dan Kirab Budaya
  • 1
  • 2
  • Selanjutnya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis