ISFO 2024 Diikuti 4.343 Peserta, Tingkatkan Literasi dan Inklusi Ekonomi dan Keuangan Syariah

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

INFO BISNIS – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menggelar Indonesia Sharia Financial Olympiad (ISFO) 2024 nan diikuti 4.343 peserta dari seluruh Indonesia. Adapun kejuaraan nan diikuti adalah Cerdas Cermat Keuangan Syariah (CCKS) untuk kategori pelajar dan mahasiswa serta kejuaraan Wirausaha Muda Syariah (WMS).

“Kami sangat mengapresiasi para peserta lantaran sudah berani ikut,” kata Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, dan Pelindungan Konsumen merangkap Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Friderica Widyasari Dewi, saat membuka Grand Final ISFO 2024 di Auditorium RRI Jakarta, Selasa, 17 September 2024.

Menurut Friderica, terpenting dari generasi muda adalah berani mencoba. “Harus berani dan mau berusaha, kandas tidak apa-apa lantaran kegagalan itu adalah sukses nan tertunda,” ujar dia.

OJK, kata Friderica, selalu konsen dengan pengembangan syariah. Dengan adanya Undang-undang Nomor 21 tahun 2011 tentang OJK dan juga Undang-undang Nomor 4 tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan, memperkuat peran OJK untuk mengembangkan ekonomi dan finansial syariah.

“Kami selalu konsisten memberikan literasi dan inklusi finansial ekonomi syariah,” ujar Friderica. Hasilnya, lanjut dia, berasas info Badan Pusat Statistik (BPS) nan awalnya literasi di nomor 9 dan 12 persen, sekarang meningkat menjadi 39 persen pada 2023. “Hasilnya luar biasa,” ucap dia.

Namun, Friderica mengakui, tetap ada pekerjaan rumah pada inklusi nan tetap berada di nomor 12 persen. “Tentu ini PR kita berbareng agar kita sama-sama mengembangkan ekonomi dan finansial syariah ini.”

Menurut Friderica, meskipun Indonesia mengalami banyak tantangan, namun keahlian sektor jasa finansial syariah semakin baik. Misalnya saja pembiayaan perbankan syariah per Juli tahun ini tumbuh sebesar 11,9 persen dan kontribusi asuransi syariah juga tumbuh sebesar 22 persen. “Ini merupakan hasil kerjasama semua pihak.”

Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan OJK Horas V.M. Tarihoran berterima kasih aktivitas Grand Final ISFO 2024 bisa terselenggara dengan baik setelah terdapat tahapan-tahapan sejak Juni 2024. “Jadi cukup panjang waktunya,” ujar dia.

ISFO 2024, kata dia, disambut animo nan sangat tinggi dari para siswa maupun mahasiswa lantaran sejak diluncurkan pada Juni telah menarik minat 4.373 peserta dari seluruh Indonesia. Adapun jumlah itu terdiri dari kejuaraan CCKS untuk kategori pelajar diikuti 858 tim alias 2.574 pelajar SMA alias sederajat, kategori mahasiswa diikuti 532 tim alias 1596 mahasiswa, dan kejuaraan WMS diikuti 12 tim nan terdiri dari 203 mahasiswa nan telah mempunyai upaya alias upaya mikro.  

Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Friderica Widyasari Dewi berbareng para Kepala OJK wilayah saat membuka Grand Final ISFO 2024 di Auditorium RRI Jakarta, Selasa, 17 September 2024. Tempo

Para peserta kompetisi, kata Horas, kemudian diberikan pemahaman, pengetahuan, dan pembekalan melalui beragam sarana info dan edukasi digital nan disediakan OJK antara lain melalui website resmi OJK, Learning Management System Edukasi Keuangan (LMSKU), dan beragam materi edukasi finansial syariah. Selama periode berlangsung, tercatat terdapat penambahan jumlah akun pada LMSKU sebanyak 3749 akun.

“Kami harapkan bukan hanya membuka akun tapi juga belajar, ikut kuisnya, dan dapat sertifikat,” kata Horas. Dia pun berharap, kehadiran ISFO 2024 dapat meningkatkan literasi dan inklusi finansial syariah

Ketua Badan Pelaksana Harian (BPH) Dewan Syariah Nasional (DSN) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Hasanudin, mengapresiasi terselenggaranya ISFO 2024. “Tentunya aktivitas ini sangat bagus dan sejalan dengan visi DSN MUI ialah memasyarakatkan ekonomi syariah dan mensyariahkan ekonomi masyarakat.”

Dia pun berambisi aktivitas seperti ini dapat diselenggarakan lebih luas lagi dengan menyasar peserta remaja seperti SMP dan juga para pejabat negara. “Meskipun terdapat pelatihan-pelatihan ekonomi dan finansial syariah, tetapi banyak pejabat nan belum paham. Oleh lantaran itu literasi kepada pejabat-pejabat negara menurut saya juga perlu ditingkatkan.”

Pada Grand Final ISFO 2024, MAN Insan Cendekia Lampung Timur, MAN 2 Kota Malang, MAN Insan Cendekia Kota Batam menjadi finalis CCKS kategori pelajar, sementara kategori mahasiswa terdapat finalis dari Universitas Brawijaya, Universitas Indonesia, dan Universitas Airlangga. Sementara untuk WMS,  finalis terdiri dari Universitas Pertamina, Universitas Padjajaran, UPN Veteran Jawa timur. (*)

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis