Isi SE Pj Gubernur Jabar soal Study Tour Usai Kecelakaan Subang

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor: 64/PK.01/Kesra nan mengatur tentang penyelenggaraan tur sekolah alias study tour sebagai antisipasi terulangnya kecelakaan maut bus pengangkut pelajar Depok di jalanan Ciater, Subang, Jawa Barat.

Dalam SE nan diteken Minggu, 12 Mei 2024, sekolah diminta memperhatikan kondisi kendaraan nan bakal digunakan. SE itu juga memperketat izin aktivitas study tour nan dilaksanakan satuan pendidikan di wilayah masing-masing, salah satunya tidak dilakukan ke luar kota.

Bey menjelaskan permintaan itu sebagai antisipasi dalam memasuki masa kenaikan kelas dan akhir tahun pelajaran serta liburan sekolah, terdapat satuan pendidikan di Provinsi Jawa Barat nan melaksanakan study tour mulai dari jenjang prasekolah, pendidikan dasar hingga pendidikan menengah.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sehubungan perihal tersebut, kami minta bupati dan wali kota mengimbau seluruh kepala satuan pendidikan di semua jenjang pendidikan di masing-masing wilayah untuk memperhatikan tiga hal," kata Bey dalam info tersebut.

Poin pertama, aktivitas study tour diimbau untuk dilaksanakan di dalam kota di lingkungan wilayah Provinsi Jabar.

Bey mengatakan perihal itu bisa melalui kunjungan ke pusat perkembangan pengetahuan pengetahuan, pusat kebudayaan, dan lokasi wisata edukatif lokal, nan ditujukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lokal di Provinsi Jabar, selain bagi satuan pendidikan nan sudah merencanakan dan melakukan perjanjian kerja sama study tour nan dilaksanakan di luar Provinsi Jabar dan tidak dapat dibatalkan.

Kedua, aktivitas study tour memperhatikan asas kemanfaatan serta keamanan bagi seluruh peserta didik, guru, dan tenaga kependidikan dengan memperhatikan kesiapan awak kendaraan, keamanan jalur nan bakal dilewati, serta berkoordinasi dan mendapatkan rekomendasi dari dinas perhubungan kabupaten/kota mengenai kelaikan teknis kendaraan.

Ketiga, satuan pendidikan dan yayasan penyelenggara study tour melakukan koordinasi dengan memberikan surat pemberitahuan kepada dinas pendidikan sesuai kewenangannya.

Bey juga mengingatkan, terutama pada musim liburan sekolah saat ini, agar pihak sekolah nan bakal melakukan wisata maupun study tour untuk memastikan kelaikan kondisi bus. Ia mengingatkan pula kepada perusahaan bus agar selalu rutin memeriksa kelaikan armadanya dan memastikan pengemudi dalam keadaan prima dan fit.

Sebelumnya, bus pariwisata Trans Putera Fajar dengan nomor polisi AD 7524 OG nan membawa rombongan siswa SMK Lingga Kencana Depok mengalami kecelakaan maut di Jalan Raya Ciater, Sabtu (11/5) malam. Setidaknya 11 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka.

(ryn/ugo)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional