Istana Rilis Logo HUT ke-79 RI, Tema Nusantara Baru Indonesia Maju

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Istana merilis logo dan tema peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-79 RI. Tema nan diusung dalam peringatan HUT kali ini adalah 'Nusantara Baru Indonesia Maju'.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasatpres) Heru Budi Santoso menyebut logo tersebut merupakan karya dari personil Asosiasi Desainer Grafis Indonesia (ADGI) asal Kota Surabaya, Jawa Timur, Inggrid Wenas.

"Tema ini dipilih untuk menggambarkan bukan hanya transisi pemindahan ibu kota negara, tetapi juga transisi kepemimpinan bangsa dan negara kita," kata Heru di Wisma Negara, Jakarta, Senin (24/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Desain logo tersebut terdiri dari nomor 79 berwarna merah nan menandai usia Indonesia. Heru mengatakan setidaknya ada tujuh konsep visual logo nan menggambarkan banyak hal.

Pertama, nomor 79 dalam kreasi itu disusun dari bagian-bagian terpisah nan merepresentasikan corak Indonesia sebagai negara kepulauan.

Kedua, pada nomor 7 logo tersebut dinilai menyerupai paruh Garuda nan merupakan lambang negara.

Ketiga, nomor 7 nan menyerupai panah ke kanan atas merupakan simbol angan Indonesia untuk meningkatkan investasi dan ekspor untuk memenuhi misi Indonesia dalam menggerakkan roda ekonomi.

Keempat, arah lengkungan dari segala arah nan saling terhubung satu sama lain menandakan prinsip pembangunan negara nan berkelanjutan.

Kelima, corak cabang dan daun dari nomor 9 nan merupakan prinsip pembangunan negara berdasarkan ekonomi hijau, bersinergi dengan alam, dan selalu memperhatikan akar budaya dan identitas.

Keenam, kaki nomor 7 dan 9 terbuat dari corak nan sama ialah membentuk dua tangan nan menyatu sebagai simbol persatuan masyarakat Indonesia walaupun mempunyai pendapat nan berbeda-beda.

Ketujuh, gelombang dengan arah nan sama di atas nomor 7 dan di bawah nomor 9 nan merepresentasikan tujuan Indonesia untuk pemerataan pembangunan demi mencapai kesetaraan.

Adapun untuk perincian logo, masyarakat bisa mengunduh info mendetail melalui situs resmi Kementerian Sekretariat Negara.

Dalam kesempatan nan sama, Inggrid Wenas mengaku berterima kasih setelah diberikan kesempatan untuk berkontribusi dalam merancang kreasi logo HUT RI ke-79.

"Semua berasal hanya dari mimpi untuk memberikan nan terbaik, berkontribusi kepada bangsa dan negara ini. Dengan seluruh skill nan kami punya, kami berambisi agar industri imajinatif di negara ini semakin maju dan berkembang," kata Inggrid.

Inggrid pun berambisi ke depan anak-anak bangsa nan mempunyai talenta semakin dihargai di Indonesia.

(khr/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional