Jamin Tak Ada Bumbung Kosong di Jatim, PKB Siapkan Lawan Khofifah

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 08 Jun 2024 19:35 WIB

Pilgub Jatim 2024 terancam ditempuh lewat jalur bumbung kosong jika hanya ada paslon Khofifah-Emil. PKB pun mau cegah itu. Ilustrasi. Pilkada Jatim terancam pakai jalur bumbung kosong jika hanya ada calon tunggal. (iStock/Panuwat Dangsungnoen)

Jakarta, CNN Indonesia --

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sedang menyiapkan musuh untuk pasangan Khofifah Indar Parawansa–Emil Dardak di Pilkada Jawa Timur 2024 demi menghindari jalur bumbung kosong.

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid mengatakan kadernya disiapkan di Pilgub Jatim untuk menghindari calon tunggal.

"PKB tetap dalam proses untuk menjaring. Kita berambisi dinamika Pilgub Jawa Timur menarik. Jangan sampai ada bumbung kosong kan. Masa pemilu bumbung kosong," ujarnya ditemui di Gedung DPP PKB, Sabtu (8/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berdasarkan Mahkamah Konstitusi (MK) di situsnya, bumbung kosong adalah kertas bergambar kosong nan disandingkan dengan calon tunggal di surat bunyi pemilihan kepala daerah.

Jika kertas kosong nan menang, maka calon kepala wilayah tersebut tak boleh lagi nyalon, kepala wilayah ditunjuk langsung pemerintah.

Menurut Jazilul, PKB bisa mengusung sendiri bakal calon gubernur dan wakil gubernur di Jatim. Namun, sampai saat ini memang nama nan diusung tetap belum final.

"PKB menunggu sampai detik akhir. Nanti dari proses dinamika siapa dari tokoh-tokoh nan terjaring kelak bakal didukung PKB," jelasnya.

"Pokoknya kita jamin tidak bumbung kosong di Jawa Timur," imbuhnya.

Nama eks Ketua PWNU Jawa Timur KH Marzuki Mustamar alias dikenal dengan sapaan Kiai Marzuki kembali disebut sebagai calon kuat, meski belum ada keputusan final.

"Kan ada Kiai Marzuki ada macem-macem tetap banyak. Belum, jika fix tetap belum, tetap nunggu proses," pungkas dia.

(ldy/arh)

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional