Jejak Andika Perkasa, Eks Panglima TNI yang Bertarung di Pilgub Jateng

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri resmi mengusung Andika Perkasa dan eks Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi sebagai bakal pasangan calon nan diusung partainya di Pilgub Jawa Tengah 2024.

Nama Andika-Hendrar diumumkan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto pada gelombang ketiga pengumuman daftar calon kepala wilayah nan diusung PDIP di instansi DPP PDIP, Jakarta, Senin (26/8) kemarin.

Sebelum terjun ke politik, Andika merupakan purnawirawan TNI dengan pangkat terakhir jendral lantaran berstatus Panglima TNI. Ia merupakan menantu dari eks Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) AM Hendropriyono.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di bumi militer, pekerjaan lulusan Akademi Militer 1987 ini terbilang moncer. Karier perwiranya adalah di pasukan elite AD, Kopassus.

Perjalanannya pun lama di Korps Baret Merah. Saat menembus pangkat bintang, dia menjabat sebagai Kadispenad, lampau naik jadi Danpaspampres.

Sebelum menjadi Panglima TNI pada 2021-2022 lalu, Andika pernah memegang tongkat komando sebagai Pangdam Tanjungpura, Pangkostrad, dan KSAD.

Jelang gelaran Pilpres 2024 lalu, nama Andika sempat masuk radar untuk menjadi kandidat sebagai bakal calon presiden. Namun pada akhirnya, dia akhirnya memilih berada di barisan pendukung Ganjar-Mahfud.

Kala itu, pada pertengahan 2022, dia mengaku dihubungi NasDem setelah menjadi satu dari tiga bakal kandidat nan mungkin diusung di Pilpres. Meski begitu, Andika tak menerima pinangan NasDem.

Andika mengaku tak pernah ada komunikasi dengan NasDem sebelum pengumuman itu. Andika pun enggan merespons setelah NasDem membikin pengumuman. Ia berdasar tetap menjabat sebagai panglima TNI kala NasDem mendekati dan mengumumkan namanya.

"Ya komunikasi sudah ada, tetapi saya kan segera setelah pensiun 1 Januari kemarin, saya sudah memutuskan nan saya jawab tadi (merapat ke Ganjar)," kata Andika kala itu di What The Fact! Politics CNNIndonesia.com.

Andika kemudian resmi berkecimpung ke bumi politik dengan berasosiasi dengan PDIP setelah pensiun dari militer.

Pada Pilpres 2024 lalu, Andika sempat didapuk menjadi Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud. Ia membantu pemenangan Ganjar-Mahfud meskipun pada akhirnya pasangan ini alami kekalahan dari Prabowo-Gibran.

Pada Pilkada 2024 ini, selain di Jateng, PDIP sebelumnya menyiapkan pula kemungkinan nama Andika untuk ikut di Pilgub Jakarta.

Beberapa waktu lalu, Andika menyatakan siap apapun penugasan dari partai untuk gelaran pilkada tersebut.

(rzr/isn)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional