Jemaah An Nadzir Gowa Gelar Salat Idul Adha Hari Ini

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 16 Jun 2024 12:40 WIB

Jemaah An Nadzir nan berada di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, hari ini melaksanakan Salat Idul Adha 1445 Hijriah, Minggu (16/6). Jamaah An-Nadzir nan berada di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, melaksanakan Salat Idul Adha 1445 Hijriah, Minggu (16/6). (CNN Indonesia/Ilham).

Makassar, CNN Indonesia --

Jemaah An-Nadzir nan berada di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, hari ini melaksanakan Salat Idul Adha 1445 Hijriah, Minggu (16/6).

Pelaksanaan Salat Idul Adha berlokasi di Kelurahan Mawang, Kecamatan Bonto Marannu, Gowa. Ratusan jamaah dari luar Gowa, termasuk dari Makassar banyak berdatangan untuk melaksanakan Salat Idul Adha.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pimpinan Jemaah An Nadzir, Ustad Samiruddin Pandemmui mengatakan bahwa pihaknya telah menentukan 10 Dzulhijjah nan jatuh pada hari dengan menggunakan metode pengamatan bulan.

"Pengamatan bulan ini pertama kita lakukan di 3 purnama 14,15,16, setelah menemukan titik itu dengan kriteria masing masing kita amati lagi 3 purnama terakhir 27, 28, 29, dengan memandang pakai kain tipis gambaran bulan lampau kaitkan dengan kejadian alam memandang jam terbitnya," kata Samiruddin usai menggelar Salat Idul Adha.

Kemudian seiring dengan perkembangan pengetahuan pengetahuan sekarang dan ditambah teknologi, sehingga ditemukan bahwa tanggal 1 Dzulhijjah itu jatuh pada hari Jumat (7/6).

"Setelah dihitung maka hari ini ketemulah 10 Dzulhijjah alias penyelenggaraan Idul Adha 16 Juni 2024," jelasnya.

Samiruddin menuturkan bahwa pada momen Idul Adha tahun ini ummat Islam bisa mengambil hikmah dari pengorbanan nan dilakukan Nabi Ibrahim dan istrinya Hajar serta Nabi Ismail.

"Kalau hikmah dari pidato kita adalah gimana kita memetik hikmah pengorbanan Ibrahim, Hajar dan Ismail," katanya.

Pada momen Iduladha tahun ini, sebut Samiruddin Jamaah An Nadzir berkorban sebanyak 2 ekor sapi dan 2 ekor kambing, setelah disembelih bakal dibagikan.

(mir/ugo)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional