Jika Kartu ATM Tak Bisa Digunakan Karena Kedaluwarsa, Apa yang Harus Dilakukan?

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Kartu ATM merupakan salah satu akomodasi nan disediakan oleh bank bagi pengguna untuk mempermudah transaksi keuangan, seperti penarikan duit tunai, transfer, pembayaran tagihan, dan sebagainya. Namun, kartu ATM ini mempunyai masa bertindak terbatas nan tercantum di bagian depan kartu.

Setiap bank penerbit menetapkan masa kedaluwarsa kartu ATM. Biasanya, kartu ATM bertindak selama 2 hingga 4 tahun. Setelah masa bertindak habis, kartu ATM tidak dapat digunakan lagi.

Mengapa kartu ATM kedaluwarsa?

Dilansir dari investopedia.com, salah satu argumen kartu ATM mempunyai tanggal kedaluwarsa adalah lantaran kartu dapat mengalami kerusakan seiring waktu: strip magnetik bisa menjadi susah dibaca, chip komputer bisa rusak, dan info nan tercetak pada kartu bisa memudar.

Selain meningkatkan ketahanan fisik, penggantian kartu juga memberi penerbit kesempatan untuk berinteraksi dengan pengguna dan menawarkan produk finansial tambahan. Penerbit kartu mungkin juga memperbarui nama alias kreasi logo perusahaan, dan kartu baru membantu konsumen menyadari perubahan tersebut.

Sebaiknya kartu ATM diganti sebelum masa kedaluwarsanya habis. Misalnya, di beberapa bank seperti BRI, jika kartu diganti setelah masa bertindak habis, bakal dikenakan biaya. Namun, jika penggantian dilakukan sebelum masa bertindak berakhir, tidak ada biaya nan dikenakan.

Apa nan Harus Dilakukan ketika Kartu ATM Expired Date

Dilansir dari simulasikredit.com, jika kartu ATM Anda nyaris kedaluwarsa alias expired date, Anda perlu mengunjungi bank dengan membawa arsip berikut:

1. Kartu ATM nan sudah kadaluarsa

2. KTP alias identitas lain seperti SIM alias paspor

3. Buku tabungan nan membuktikan bahwa Anda adalah pemilik sah rekening dengan nomor rekening dan pemegang kartu ATM tersebut

4. Sejumlah duit untuk bayar biaya penggantian kartu. Biaya ini bervariasi antara bank, tetapi umumnya terjangkau, berkisar antara Rp10.000 hingga Rp25.000

Iklan

Cara mengganti kartu ATM nan kedaluwarsa di bank:

- Sesampainya di bank, ambil nomor antrian di Customer Service (CS).

- Isi dan tandatangani blangko nan disediakan oleh CS.

- CS bakal memproses permintaan penggantian kartu ATM Anda dan memberikan kartu ATM nan baru.

- Setelah itu, Anda bakal diminta untuk menandatangani kartu ATM nan baru dan mengatur PIN baru menggunakan mesin EDC di meja CS.

- Ingatlah bahwa PIN Anda kudu dirahasiakan dan tidak boleh diberitahukan kepada siapapun, termasuk petugas bank. Pastikan Anda mengingat PIN tersebut untuk menghindari pemblokiran kartu akibat kesalahan memasukkan PIN sebanyak tiga kali.

- Setelah PIN baru diatur, CS bakal memberitahukan jika ada biaya penggantian kartu nan perlu dibayar. Anda dapat langsung bayar biaya tersebut di meja CS tanpa perlu ke Teller.

- Setelah semua proses selesai dan kartu ATM baru Anda sudah diaktifkan, CS bakal menyerahkan kartu ATM nan baru kepada Anda, dan Anda dapat langsung menggunakannya untuk transaksi.

- Sebelum meninggalkan bank, disarankan untuk mencoba kartu ATM baru di mesin ATM nan tersedia di Banking Hall. Ini untuk memastikan kartu dapat berfaedah dengan baik. Jika terdapat masalah, Anda bisa kembali ke CS untuk menyelesaikannya.

- Jika kartu ATM berfaedah dengan baik di mesin ATM, Anda dapat pulang dan mulai menggunakan kartu baru Anda seperti biasa.

Pilihan Editor: Kartu ATM Hilang alias Tertelan Mesin, Manfaatkan CS Digital Kapan Saja dan di Mana Saja?

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis