Jokowi Akan Resmikan Pembangunan Kantor BCA, Indograsir hingga Swiww-Belhotel di IKN Sebelum HUT RI ke-79

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo alias Jokowi dijadwalkan bakal melakukan peletakan batu pertama untuk lima proyek pembangunan di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN). Tiga dari lima proyek itu adalah instansi Bank BCA, Indogrosir, dan Swiss-Belhotel.

"Beliau di sana 11,12,13 (Agustus), 14 (Agustus) pulang. Jadi di hari-hari itu kira-kira ada groundbreaking juga," ujar Pelaksana Tugas Kepala Otorita IKN sekaligus Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Istana Kepresidenan, Kamis, 1 Agustus 2024, seperti dikutip dari Antara.

Basuki menjelaskan Presiden bakal menggelar sidang kabinet berbareng para menteri Kabinet Indonesia Maju di IKN Kalimantan Timur pada Senin, 12 Agustus 2024. Kepala Negara rencananya bakal bertolak ke IKN sehari sebelumnya, ialah pada 11 Agustus 2024. 

Selama di IKN, kata Basuki, Presiden Jokowi juga bakal mengundang seluruh gubernur, bupati dan wali kota untuk memandang progres pembangunan di IKN pada 13 Agustus 2024. Kepala Negara dijadwalkan kembali ke Jakarta pada 14 Agustus 2024.

Sebelumnya Jokowi sempat mengatakan bahwa sidang kabinet di IKN bakal diselenggarakan setelah memastikan prasarana penunjang, seperti listrik, air conditioner (AC) hingga furnitur tersedia. Mengenai perihal tersebut, Basuki membeberkan furnitur alias perabotan untuk kelengkapan sidang sudah dikirim dari Sekretariat Negara (Setneg) ke IKN, begitu juga dengan AC nan sudah tersedia.

Iklan

"Furnitur kan dari Setneg sudah disana semua, tinggal masang-masang. (AC) udah saya rasa," kata Basuki.

Sedangkan soal air, menurut Basuki, sudah dipastikan pasokannya sudah tersedia sampai ke Hotel Nusantara nan sebelumnya ditinjau oleh Presiden Jokowi, serta sampai ke persil-persil Gedung Kemenko.

Basuki juga memastikan jalan di sekitar Kawasan Inti Pusat Pemerintahan sudah bisa dilalui, begitu juga dengan kesiapan Lapangan Upacara, Istana Garuda dan Istana Negara. Kesiapan jalan dan sejumlah sarana prasarana itu dipastikan lantaran kian mendekati upacara peringatan detik-detik Proklamasi pada 17 Agustus 2024 di IKN.

Pilihan Editor: PUPR Pastikan Ada Rumah Subsidi di IKN

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis