Jokowi Bakal Upacara HUT Kemerdekaan RI di IKN, Satgas Klaim Tiga Ruas Tol Siap Difungsionalkan

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Satgas Pelaksana Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara terus mengebut pembangunan infrastruktur dasar di IKN, Kalimantan Timur. Terlebih, Presiden Jokowi bakal memimpin upacara HUT Kemerdekaan RI di ibu kota baru tersebut  pada 17 Agustus mendatang.

Salah satu prasarana dasar nan ditargetkan bisa digunakan saat penyelenggaraan HUT Kemerdekaan RI adalah jalan tol.  Ketua Satgas Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga menyebut Satgas saat ini konsentrasi pada pembangunan Tol IKN ruas 3A, 3B, dan 5A. Jalan bebas halangan ini bakal memangkas waktu tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Danis menyatakan pembangunan ketiga ruas tol tersebut melangkah bagus. "Sudah diaspal," kata Danis ketika ditemui di Kompleks Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jumat, 5 Juli 2024. Kementeriannya menargetkan "Target kami, pokoknya bakal (difungsionalkan) satu jalur, satu arah, tiga lajur. Itu sudah 90 persen."

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebelumnya mengatakan, Tol IKN bakal terhubung dengan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) tepatnya di KM 8 - Kariangau. Dengan begitu, akses jalan nantinya tidak perlu lagi melewati Tol Balsam hingga KM 33, kemudian menuju Sepaku dan masuk ke IKN nan memerlukan waktu kurang lebih 2 jam. 

Basuki Hadimuljono juga mengatakan pembangunan Tol IKN  nan sedang melangkah saat ini terdiri dari tiga seksi, ialah Tol 3A Karang Joang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km. Kemudian, Tol 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km dan Tol 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km.

Dengan adanya akses Tol IKN, Presiden Joko Widodo namalain Jokowi mengatakan waktu tempuh perjalanan dari Kota Balikapapan menuju IKN bisa semakin dipersingkat. Menurut Jokowi, perjalanan nan biasa ditempuh selama 2 jam bisa menjadi sekitar separuh jam saja. Jokowi pun menilai perjalanan dari Jakarta menuju ibu kota baru di Kalimantan Timur itu tidak bakal lagi terasa jauh. 

"Sekarang dari Jakarta, terlihat jauh sekali. Tapi bapak/ibu ke sini lagi awal Agustus, begitu jalan tol jadi, dari Balikpapan ke IKN kira-kira jika ngebut 30 menit. Kalau nggak ngebut, 40 menit," kata Jokowi saat meresmikan pembangunan Nusantara Sustainability Hub, Rabu, 5 Juni 2024, dipantau Tempo melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Bahkan jika mau menempuh perjalanan udara, Jokowi menambahkam, waktu tempuh bisa semakin singkat lantaran bisa turun di Nusantara Airport alias Bandara VVIP IKN. Kepala negara mengatakan airport itu juga bisa digunakan awal Agustus alias sebelum upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia.  "Mendarat di  Nusantara Airport, ke sini kurang lebih 15 menit," tutur Jokowi.   

Pilihan Editor: Sri Mulyani Paparkan Kinerja APBN 10 Tahun Era Jokowi: dari Infrastruktur hingga Stunting

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis