Jokowi Berpesan ke KPU Agar Tak Ada Politik Identitas di Pilkada 2024

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Rabu, 04 Sep 2024 17:59 WIB

Presiden Jokowi berpesan kepada Komisioner KPU agar pada Pilkada 2024 ini jangan sampai terjadi politik identitas. Ilustrasi. Presiden Jokowi dan ibu negara, Iriana, saat menggunakan kewenangan pilih beberapa waktu lalu. (CNN Indonesia/ Sakti Darma Abhiyoso)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan kepada Komisioner KPU agar pada Pilkada 2024 ini jangan sampai terjadi politik identitas.

Hal itu disampaikan Jokowi kepada para Komisioner KPU yang datang menemuinya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/9).

Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin mengatakan wejangan itu disampaikan Jokowi di tengah obrolan mereka mengenai perkembangan Pemilu dan Pilkada 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Yang paling diatensi [Presiden] sebenarnya adalah kehati-hatian kita agar tidak terjadi bentrok dan juga politik identitas agar tidak muncul kembali," kata Afif di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu siang.

Afif mengatakan Jokowi juga berpesan agar Pilkada 2024 dilaksanakan sesuai dengan patokan perundang-undangan. Ia membantah ada petunjuk unik dari Jokowi terkait gelaran pilkada serentak itu.

Menurut Afif, Jokowi mendukung sepenuhnya konsistensi KPU untuk melaksanakan tahapan Pilkada sesuai dengan patokan perundang-undangan.

Selain itu, Jokowi juga meminta KPU melakukan pendidikan politik secara lebih masif lagi, serta meminta KPU untuk memastikan kewenangan penduduk terpenuhi dalam Pilkada nanti.

"Dan nan paling krusial menghindari terjadinya konflik, bentrok sosial ataupun dampak-dampak lain nan ditimbulkan oleh Pilkada 2024 ini," ujarnya.

(khr/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional