Jokowi Cerita Pesawatnya Batal Mendarat di Bandara IKN

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 13 Sep 2024 15:40 WIB

Presiden Joko Widodo menjelaskan argumen batal mendarat di airport baru Ibu Kota Nusantara (IKN) lantaran landasan belum memungkinkan untuk pesawat kepresidenan. Pesawat Kepresidenan RI batal mendarat di Bandara Nusantara IKN. (ANTARA FOTO/Setpres-Laily Rachev)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo bercerita jika pesawat kepresidenan nan ditumpanginya batal mendarat di airport baru Ibu Kota Nusantara (IKN), Kaltim pada Kamis (12/9) kemarin.

Jokowi mengatakan saat itu tetap belum memungkinkan pesawat kepresidenan untuk mendarat. Padahal, dia mengaku sangat mau mendarat di airport IKN tersebut.

"Tugas pemerintah adalah memperbanyak traffic kelak di Airport Nusantara. Saya kemarin sebetulnya pengin turun di airport baru, tapi rupanya belum memungkinkan," kata Jokowi dalam pidatonya di peresmian Hotel Swissotel Nusantara di IKN nan ditayangkan di Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kemudian Jokowi tetap menunggu airport IKN melakukan uji coba pendaratan dan lepas landas pesawat dengan ukuran nan sama dengan pesawat kepresidenan.

"Jadi tetap menunggu percobaan landing dan take off dari pesawat-pesawat nan mencobanya, sehingga memang pesawat nan kita tumpangi belum bisa turun di Airport Nusantara," kata dia.

Jokowi kemudian meminta agar pemerintah dapat memperbanyak arus lampau lintas di Bandara IKN. Baginya, lampau lintas udara di Bandara IKN krusial lantaran menandakan IKN menjadi kota nan ramai.

Ia mengatakan IKN kudu ramai sehingga terbangun suatu ekosistem sebuah perkotaan. Namun, dia mengatakan proses ini tetap memerlukan waktu.

"Memang nan dicari nan pertama adalah crowd kudu ramai, sehingga terbangun ekosistem kota. Ada penduduk, ada warga, ada RS, ada sekolah, hotel, mal," kata dia.

Kementerian Perhubungan sempat menjelaskan Bandara IKN merupakan airport nan digunakan untuk mendukung pelayanan aktivitas pemerintahan dan konektivitas di IKN dengan runway sepanjang 2.200 x 30 meter.

(rzr/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional