Jokowi di Hari Maulid: Jadikan Kehidupan Nabi Inspirasi Tebar Kebaikan

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Senin, 16 Sep 2024 10:45 WIB

Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut mengucapkan selamat kepada umat Islam nan memperingati dan merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah. Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut mengucapkan selamat kepada umat Islam nan memperingati dan merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah. (Foto: Tangkapan layar youtube Sekretariat Presiden)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) turut mengucapkan selamat kepada umat Islam nan memperingati dan merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah.

Maulid Nabi merupakan seremoni hari kelahiran Nabi Muhammad Saw nan diperingati pada setiap 12 Rabiul Awal nan tahun ini jatuh pada Senin (16/9).

"Di hari Maulid Nabi Muhammad SAW, mari jadikan kehidupan Rasulullah sebagai inspirasi untuk menebar kebaikan dan kedamaian bagi sesama," kata Jokowi melalui cuitan di akun media sosial X, Senin (16/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Unggahan itu disertai doodle nan menunjukkan unik perayaaan Maulid Nabi di Indonesia. Jokowi pun berambisi umat Islam bisa untuk terus mencontoh adab Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari.

"Semoga kita terus diberi kekuatan untuk meneladani adab mulia beliau," ujarnya.

Dilansir dari situs NU Online, Maulid Nabi alias hari lahir Nabi Muhammad Saw mulai diperingati dan dirayakan oleh masyarakat muslim Arab sejak tahun kedua Hijriah. Hal ini merujuk pada kitab Wafa'ul Wafa bi Akhbar Darul Mustafa karangan Nuruddin Ali.

Disebutkan, Khaizuran alias Jurasyiyah binti 'Atha nan merupakan istri dari Khalifah al-Mahdi bin Mansur Al-Abbas memerintahkan masyarakat Madinah untuk mengadakan seremoni Maulid Nabi Muhammad saw. di Masjid Nabawi.

Dari Madinah, kemudian Khaizuran pergi ke Makkah untuk memerintahkan masyarakat Makkah turut merayakan Maulid Nabi di rumah-rumah mereka.

Pengaruhnya nan besar membikin semua masyarakat muslim Arab untuk memperingati Maulid Nabi pada tanggal 12 Rabiulawal.

(khr/asa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional