Jokowi Kembali Bagikan Bantuan Beras 10 Kilogram

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo mulai membagikan support pangan beras 10 kilogram di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. Penyaluran support ini dilakukan di sela agendanya meninjau kesiapan beras di Komplek Pergudangan Tanah Grogot hari ini, Kamis,  26 September 2024.  

"Kami mulai memberikan support pangan 10 kilogram untuk (penyaluran) Oktober. Dimulai dari Kabupaten Paser dan sudah diterima masyarakat," kata Jokowi ketika memberi keterangan pers usai peninjauan, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.    

"Saya kira di provinsi lain, kabupaten alias kota lain, juga (penyalurannya) segera dimulai awal Oktober." 

Masa kepemimpinan Jokowi berhujung pada 20 Oktober mendatang. Ia berambisi program support pangan ini dilanjutkan presiden terpilih Pilpres 2024 Prabowo Subianto. 

Sebelumnya, Jokowi memang memutuskan penyaluran support beras 10 kg bersambung pada Agustus, Oktober, dan Desember 2024. Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo berujar pemerintah menyiapkan anggaran sekitar Rp 9 triliun. Adapun support ini ditujukan untuk 22 juta family penerima faedah alias KPM. 

Iklan

Arief menuturkan, penyaluran support pangan itu tidak dilakukan selama 12 bulan penuh lantaran menyesuaikan kondisi anggaran dan pendapatan shopping negara (APBN). 

"Kalau APBN-nya, Ibu Sri Mulyani (Menteri Keuangan) menyampaikan kita bakal lakukan tiga bulan, maka tiga bulan berfaedah bulan 8, 10, dan 12. Karena kita lihat juga fiskal, jangan hanya untuk pemenuhan support pangan, tapi aktivitas nan lain nan krusial juga jangan sampai tertinggal, itu keputusannya dalam rapat kabinet," kata Arief, 7 Juni 2024, dikuti dari Antara

Pilihan Editor: Bandara IKN Dinilai Tak Layak untuk Penerbangan Komersial, Ini Sebabnya

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis