Jokowi Kumpul Bareng Ketum Parpol di Akhir Mei, Bantah Bahas Reshuffle

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 11 Jun 2024 12:03 WIB

Presiden Joko Widodo mengaku telah melakukan pertemuan dengan beberapa Ketua Umum Partai Politik di Indonesia pada akhir Mei 2024 lalu. Presiden Joko Widodo mengaku telah melakukan pertemuan dengan beberapa Ketua Umum Partai Politik di Indonesia pada akhir Mei 2024 lalu. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono).

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak menyangkal telah melakukan pertemuan dengan beberapa Ketua Umum Partai Politik (Parpol) di Indonesia pada akhir Mei 2024 lalu. Ia tak menyebut siapa saja pucuk ketua parpol nan dia temui.

Namun Jokowi membantah bahwa pertemuan itu membahas reshuffle alias kocok ulang kabinet pemerintahannya nan bakal resmi berhujung Oktober 2024 mendatang.

"Ketemu tapi tidak berbincang [reshuffle] itu," kata Jokowi usai meninjau Posyandu Terintegrasi RW 02 RPTRA Taman Sawo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (11/6).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kabinet Indonesia Maju nan dipimpin Presiden Jokowi saat ini didukung oleh sejumlah kader parpol nan duduk di bangku parlemen, selain PKS. Namun sebagaimana diketahui, parpol pendukung Jokowi tidak satu bunyi dalam Pilpres 2024, terutama PDIP.

PDIP dinilai tetap bersitegang hingga sekarang dengan Jokowi. Hal itu terjadi setelah putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka menjadi pendamping Prabowo Subianto dalam kontestasi Pilpres 2024.

Sementara itu, Jokowi terhitung sudah melakukan tujuh kali reshuffle kabinet pada periode kedua pemerintahan. Terakhir kali, Jokowi menunjuk Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan pada Februari 2024.

Hadi menggantikan Mahfud MD nan berkompetisi sebagai calon wakil presiden Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Posisi Menteri ATR/BPN nan sebelumnya dijabat Hadi kemudian diisi Agus Harimurti Yudhoyono nan juga merupakan Ketua Umum Partai Demokrat.

(kha/ugo)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional