Jokowi Minta Waspadai Penyebaran Mpox dari Delegasi Afrika di IAF Bali

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 27 Agu 2024 16:34 WIB

Presiden Jokowi meminta kementerian dan lembaga mewaspadai penyebaran virus cacar monyet (Mpox) dari delegasi Afrika nan datang pada gelaran IAF 2024 di Bali. Presiden Jokowi meminta kementerian dan lembaga mewaspadai penyebaran virus cacar monyet (Mpox) dari delegasi Afrika nan datang pada gelaran IAF 2024 di Bali. Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar kementerian/lembaga di Indonesia mewaspadai penyebaran pandemi virus cacar monyet (Mpox) menyusul gelaran Indonesia-Africa Forum (IAF) nan bakal dihelat di Bali pada 1-3 September 2024.

Jokowi menyebut Indonesia bakal mengundang 51 negara dengan 22 di antaranya merupakan negara dari area Afrika nan notabenenya mencatatkan kasus paling banyak.

"Saya minta betul-betul ada upaya preventif khususnya bagi para delegasi nan berasal dari Afrika," kata Jokowi membuka ratas di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (27/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jokowi meminta agar seluruhnya dipersiapkan dengan baik mengingat badan kesehatan bumi (WHO) kembali menetapkan Mpox untuk kedua kalinya sebagai perhatian unik bakal kesehatan alias public health emergency of international concern (PHEIC).

Oleh karena itu, pengawasan di pintu-pintu masuk kehadiran internasional menurutnya perlu dilakukan dengan kerja sama antara Kemenkes dan K/L lainnya.

Jokowi pun meminta pengalaman Indonesia dalam menghadapi pandemi virus corona (covid-19) dapat menjadi rujukan penanganan terhadap penyakit nan menjadi wabah.

"Sehingga saya minta segera diminta protokol kesehatan dan disosialisasikan secara masif mengenai ini," ujar Jokowi.

(khr/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional