Jokowi Puji Harga Cabai hingga Bawang Merah di Sulsel Lebih Murah dari Jawa

Sedang Trending 2 hari yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo alias Jokowi memuji nilai rendah dua komoditas cabe dan bawang merah usai mengecek Pasar Cekkeng, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Jumat, 5 Juli 2024. Kepala negara menyoroti produksi petani lokal di Sulawesi Selatan sangat baik.

“Tadi saya lihat bawang merah Rp 30 ribu, cabe Rp 30 ribu, dan nan lain-lainnya semuanya lebih murah dari nan di Jawa,” kata Jokowi usai tinjau pompa air di Desa Layoa, Kabupaten Bantaeng, pada Jumat, 5 Juli 2024. “Setelah saya tanya, rupanya memang di sini ada produksi sendiri.”

Panel Harga Bapanas pada Jumat pagi menunjukkan nilai pedagang satuan bawang merah per kilogram di Jawa Barat Rp 42.220, Jawa Tengah Rp 36.280, DIY Yogyakarta Rp 34.171, dan di Jawa Timur Rp 34.570. Harga rata-rata nasional nilai bawang merah di tingkat pedagang satuan memang mengalami tren menurun, 0,98 persen, menjadi Rp 36.460 per kilogram.

Jokowi tidak menyebut cabe jenis apa nan dicek seharga Rp 30 ribu. Panel Harga Bapanas pada Jumat pagi, menyebut rata-rata nasional nilai satuan cabe rawit merah naik signifikan 2,33 persen menjadi Rp 48.820 per kilogram. Sedangkan cabe merah keriting turun 0,37 persen menjadi Rp 45.750 per kilogram.

Usai tinjau pompa air di Desa Layoa, Jokowi sempat disinggung oleh wartawan lokal mengenai swasembada pangan. Eks Gubernur Jakarta itu menyebut proses panjang perlu ditempuh untuk swasembada pangan.

Iklan

“Kadang sudah baik, turun lagi lantaran suasana nan nggak menentu. dulu kan sudah swasembada pangan. kemudian turun lagi lantaran ada El Nino, La Nina saya kira suasana sangat mempengaruhi produktivitas di semua negara,” kata Jokowi.

Jokowi bertolak ke Sulawesi Selatan pada Kamis, 5 Juli 2024. Eks Gubernur Jakarta ini kemarin mengunjungi sejumlah titik di Kabupaten Bone sebelum ke RSUD Kabupaten Sinjai. 

Hari ini, Jokowi mengawali kunjungan kerja hari kedua  di Provinsi Sulawesi Selatan, dengan melawat ke Pasar Cekkeng, Kabupaten Bulukumba. Jokowi juga bakal meninjau pemberian pompa kepada para petani di Desa Layoa, Kabupaten Bantaeng. Kemudian, Jokowi bakal meresmikan Bendungan Pamukkulu, Takalar.

Pilihan Editor: Kondisi Proyek Kedutaan India nan Dibangun Waskita Karya di Tengah Sidang Gugatan oleh 24 Warga

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis