Jokowi Resmikan RS Kemenkes Surabaya: Tak Ingin yang Sakit ke Malaysia

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 06 Sep 2024 09:06 WIB

Jokowi meresmikan RS Kementerian Kesehatan di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (6/9) ini. Tak mau penduduk sakit ke berobat ke luar negeri. Jokowi meresmikan RS Kementerian Kesehatan di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (6/9) ini. Tak mau penduduk sakit ke berobat ke luar negeri. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Rumah Sakit (RS) Kementerian Kesehatan di Surabaya, Jawa Timur, Jumat (6/9) ini. Dia berbicara rumah sakit baru ini mewah dan dilengkapi akomodasi terbaik.

Jokowi mengatakan selama ini penyebab kematian tertinggi di Indonesia adalah stroke, serangan jantung, dan kanker. Jawa Timur berada di urutan ketiga provinsi dengan kematian tertinggi akibat penyakit-penyakit itu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Pembangunan Rumah Sakit Kemenkes di Surabaya ini krusial dalam rangka itu. Dan kita juga tidak mau nan sakit-sakit dari kita perginya ke Singapura, perginya ke Malaysia," kata Jokowi di Surabaya, Jumat.

Dia menyebut pembangunan gedung RS Kemenkes Surabaya menyedot biaya Rp1,6 triliun. Lalu penyediaan peralatan kesehatan memerlukan Rp368 miliar dan sumberdaya manusia Rp50 miliar.

Jokowi menilai investasi itu tak seberapa dibandingkan kerugian nan dialami Indonesia lantaran tak ada akomodasi kesehatan nan baik. Selama ini, Indonesia kehilangan Rp180 triliun per tahun lantaran penduduk memilih berobat ke negara lain.

Jokowi berambisi RS Kemenkes Surabaya bisa menjadi penunjang pelayanan kesehatan di Jatim. Dia juga berambisi rumah sakit ini menjadi penghubung akomodasi kesehatan di Indonesia timur.

"Itu nan kita inginkan agar para pasien sigap sembuh dan pelayanan masyarakat semakin baik," ujar dia.

(dhf/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional