Jokowi Sempat Berulang Kali Pastikan Kemananan Mendarat di Bandara IKN

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Pesawat kepresiden nan dinaiki Presiden Jokowi mendarat pertama kali di Bandara IKN pada Selasa, 24 September 2024.  Sebelum memutuskan mendarat di Bandara IKN, Jokowi mengaku memastikan keamanan pendarataan ini kepada Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

“Saya tanyakan ke Menhub, betul aman? Aman bener? Betul aman? Oke saya landing di Nusantara airport,” kata Jokowi saat groundbreaking proyek Teras Hutan Ibu Kota Nusantara by Plataran di IKN, Rabu, 25 September 2024, dipantau Tempo melalui YouTube Sekretariat Presiden. “Begitu turun, runaway-nya mulus.”

Jokowi mengatakan pembangunan Bandara IKN selesai seluruhnya, baik terminal maupun runaway, pada akhir Desember 2024. Artinya, runaway bakal terbangun 3.000 meter, sehingga pesawat berbadan lebar bisa mendarat di airport baru ini.

“Kita minta semakin banyak traffic, semakin banyak lampau lintas  menuju dan ke Nusantara bakal memberi ekosistem keramaian nan bagus pada ibu kota nan kita cintai,” ujar Jokowi.

Baru-baru ini, Jokowi juga menginstruksikan Budi Karya Sumadi untuk mengubah status Bandara IKN menjadi airport komersil. Sehingga, Bandara IKN bakal beraksi untuk publik nan tidak lagi sebagai airport VVIP. “Supaya lebih bermanfaat. Jangan hanya untuk VVIP, tidak. Lebih berfaedah bagi nan mau umrah, nan mau haji, nan mau terbang ke dan dari IKN,” kata Jookowi, dikutip dari Antara.

Adapun sebelumnya, pemerintah menargetkan pembangunan 2.200 meter runaway Bandara IKN selesai sebelum 17 Agustus 2024. Sehingga, pesawat kepresidenan nan mengantarkan Jokowi ke IKN bisa mendarat saat kepala negara ke sana untuk seremoni HUT ke-79 Kemerdekaan RI. Namun, sasaran itu molor lantaran pembangunan Bandara IKN terkendala cuaca hujan terus mengguyur area IKN. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pernah mengatakan dalam sebulan pada Juni 2024, hanya ada 8 hari terang.

Seiring berjalannya waktu, pembangunan bersambung hingga Kementerian perhubungan menguji coba landasan pacu Bandara IKN untuk kali pertama pada Minggu, 25 Agustus 2024. Uji coba dilakukan menggunakan pesawat kalibrasi jenis King Air jenis 200 PK CAO. Selain untuk landing, uji coba kemarin termasuk uji coba jalur traffic lantaran letak Bandara IKN berdekatan dengan Bandara Balikpapan dan Bandara Samarinda. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan uji coba perdana itu melangkah lancar dan berhasil.

Pilihan editor: Jokowi Sebut Pembangunan Bandara IKN Selesai Akhir Desember

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis