Jokowi soal 41 Daerah Lawan Kotak Kosong di Pilkada: Itu Demokrasi

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 06 Sep 2024 12:02 WIB

Presiden Jokowi menilai kotak kosong di puluhan wilayah itu adalah realita demokrasi. Presiden Jokowi menilai kotak kosong di 41 wilayah adalah realita kerakyatan nan kudu diterima. (Biro Pers Setpres/Biro Pers)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons soal 41 wilayah di Indonesia nan hanya diikuti pasangan calon tunggal namalain melawan kotak kosong dalam Pilkada 2024. Jokowi menilai kotak kosong di puluhan wilayah itu adalah realita demokrasi.

"Saya kira dari 500-an Pilkada nan kotak kosong 40-an, saya kira ya itu realita kerakyatan di bawah seperti itu, baik di kabupaten, di kota maupun, di provinsi," kata Jokowi dalam video nan diunggah melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (6/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jokowi kembali menegaskan kondisi nan terjadi memang demikian adanya. Namun, dia menggarisbawahi kotak kosong juga mempunyai makna dan proses demokrasi.

"Ya, memang kenyataannya di lapangan seperti itu. Itu kotak kosong pun juga ada proses demokrasinya," ujarnya.

KPU sebelumnya mencatat ada 41 wilayah nan hanya mempunyai satu pasangan calon kepala wilayah alias calon tunggal pada Pilkada Serentak 2024 setelah menutup perpanjangan masa pendaftaran pada 4 September 2024.

Ketua KPU Mochammad Afifuddin mengatakan 41 wilayah itu terdiri dari satu provinsi dan 35 kabupaten dan lima kota.

Dengan demikian, para paslon di wilayah itu bakal melawan kotak kosong saat hari pemungutan bunyi nan digelar pada 27 November 2024.

(khr/tsa)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional