Jokowi Tambah Anggaran Perbaikan Jalan untuk Tahun Ini, Total jadi Rp 15 Triliun

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengungkapkan ada penambahan anggaran untuk perbaikan dan pembangunan jalan. Kepala negara menyebut biaya nan disiapkan untuk prasarana jalan nasional tahun ini sebesar Rp 15 triliun.

Jokowi menyampaikanpenambahan anggaran tersebut saat meresmikan penyelenggaraan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah di Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara pada Senin, 13 Mei 2024.

Eks Gubernur DKI Jakarta menegaskan bahwa pembangunan prasarana jalan nan baik sangat esensial untuk memastikan efisiensi transportasi dan pengedaran logistik. Dia meyakini pembangunan prasarana pada gilirannya bakal mempengaruhi perekonomian lokal secara signifikan.

“Memang tetap ada beberapa ruas jalan nan tetap belum baik, bakal dilanjutkan tahun ini,” kata Jokowi melalui keterangan tertulis Sekretariat Presiden. Istana Kepresidenan mencatat, sepanjang tahun lalu, anggaran untuk perbaikan jalan secara nasional senilai Rp 14,6 triliun.

Peresmian di Kabupaten Muna, kata Jokowi, merupakan bagian dari upaya pemerintah pusat untuk meningkatkan kualitas prasarana di Provinsi Sulawesi Tenggara. Mantan Wali Kota Solo ini mengungkapkan bahwa pembangunan dan perbaikan prasarana ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah untuk mempercepat mobilitas orang maupun logistik dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Iklan

Jokowi mengatakan pada tahun lampau di provinsi Sulawesi Tenggara telah dibangun dan diperbaiki 22 ruas jalan dengan biaya Rp 631 miliar. Termasuk dua ruas jalan di Kabupaten Muna Barat nan menghabiskan biaya Rp42,4 miliar.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara Andap Budhi Revianto, dan Plt. Bupati Muna Barat La Ode Butolo, mendampingi Presiden Jokowi dalam peresmian jalan inpres di Kabupaten Muna.

Pilihan EditorHari Ketiga di Sultra, Jokowi bakal Resmikan Bendungan hingga Bagikan Bansos

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis