Jokowi Teken Keppres Pengunduran Diri Pramono Anung dari Seskab

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 19 Sep 2024 13:08 WIB

Presiden Jokowi meneken Keppres tentang pemberhentian Pramono Anung dari kedudukan Sekretaris Kabinet (Seskab). Pramono Anung mengundurkan diri dari kedudukan Sekretaris Kabinet. (CNN Indonesia/Thohirin)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) pemberhentian Pramono Anung dari kedudukan Sekretaris Kabinet (Seskab), menyusul pengunduran diri Pramono karena maju di Pilkada Jakarta 2024.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menambahkan Keppres dengan Nomor 105/P itu resmi diteken Jokowi pada hari ini, Kamis (19/9).

"Pada hari ini, Kamis, 19 September 2024, bapak Presiden telah menandatangani Keppres No 105P, tentang pemberhentian dengan hormat Bapak Pramono Anung Wibowo sebagai Sekretaris Kabinet, terhitung mulai tanggal 22 September 2024," kata Ari dalam keterangannya, Kamis (19/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jokowi juga memberikan ucapan terima kasih kepada Pramono Anung atas pengabdian dan jasa-jasanya selama memangku kedudukan Seskab.

Jokowi dalam Keppres itu juga menunjuk Mensesneg Pratikno sebagai Pelaksana tugas (Plt) menggantikan peran Pramono di Kabinet Indonesia Maju.

"Wewenang dan tanggung Jawab Sekretaris Kabinet sampai dengan ditetapkannya Seskab definitif," ujar Ari.

Pramono sebelumnya menyatakan mundur dari Kabinet lantaran bakal konsentrasi maju di Pilkada Jakarta 2024.

Pramono Anung dan Rano Karno resmi didaftarkan diri sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada Jakarta 2024. Pasangan ini diusung PDIP dan Hanura.

Paslon lainnya nan bakal berkompetisi di Pilgub DKI Jakarta adalah Ridwan Kamil-Suswono. Mereka diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus.

Kemudian, ada paslon dari jalur independen ialah Dharma Pongrekun-Kun Wardana. Namun, pasangan ini belum daftar ke KPUD DKI.

Adapun selain Pramono, Menteri Sosial Tri Rismaharini juga memutuskan mundur lantaran mengikuti kontestasi Pilkada Jawa Timur 2024. Posisi Risma kemudian digantikan oleh Sekjen PBNU Saifullah Yusuf namalain Gus Ipul.

(khr/isn)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional