Jumlah Investor Pasar Modal Nasional Tembus 13 Juta Orang, di Solo Raya Rata-Rata Bertambah 3 Ribu Orang per Bulan

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Solo - Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat pada hingga sekarang jumlah penanammodal pasar modal Indonesia sudah melampaui 13 juta single penanammodal identification (SID). Angka itu bertambah lebih dari 863 ribu SID baru dibanding tahun lalu.

Sementara itu jumlah penanammodal saham Indonesia telah mencapai 5,7 juta SID. Khusus untuk wilayah Solo Raya, per Mei 2024 tercatat jumlah penanammodal mencapai 1,25 juta orang. 

"Peningkatan jumlah penanammodal juga meningkat di Solo Raya. Rata- rata peningkatan penanammodal mencapai 2.500 hingga 3.000 penanammodal baru setiap bulan," ungkap Kepala Kantor BEI Jawa Tengah 2, Muhammad Wira Adibrata kepada wartawan di Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis, 27 Juni 2024. 

Wira menjelaskan beragam aktivitas edukasi dan promosi nan dilakukan oleh BEI berbareng Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan bekerja sama dengan beragam komunitas, hingga pengenalan aplikasi IDX Mobile sebagai referensi dalam berinvestasi telah menjadi pendorong signifikan dalam pertumbuhan jumlah penanammodal pasar modal Indonesia. 

"Dari 30 galeri investasi dari beragam kampus dan organisasi di Solo Raya, kami telah menggelar lebih dari 250 aktivitas terhitung Januari hingga per Mei 2024," tutur dia. 

Adapun secara nasional, dari Januari hingga Mei 2024, terdapat 6.211 aktivitas edukasi pasar modal nan diikuti oleh lebih dari 5,8 juta peserta di seluruh Indonesia. Masifnya aktivitas ini merupakan hasil sinergi dan kerjasama BEI berbareng OJK. Self-Regulatory Organization (SRO), Anggota Bursa, Perusahaan Tercatat, Manajer Investasi, organisasi pasar modal, sekaligus stakeholders lainnya, termasuk Galeri Investasi BEI nan per 20 Juni 2024 telah berjumlah 904 Galeri Investasi BEI.

Beberapa aktivitas edukasi dan promosi telah dilakukan dalam corak kerjasama berbareng dengan OJK ialah berbareng Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) serta Komunitas Bundaku (Ibu Anak Keluarga) Cakap Keuangan. Beberapa aktivitas juga telah dilakukan dengan bekerja-sama dengan organisasi ialah dengan Komunitas Pokemon, ASKI (Asosiasi Seni Beladiri Karate Indonesia), Puteri Indonesia, hingga kepada Timnas Indonesia U-20 dan PSSI.

Iklan

Selain itu, Program Duta Pasar Modal juga menyumbang pertumbuhan jumlah penanammodal baru saham dan pasar modal Indonesia. Program ini bermaksud meningkatkan partisipasi dan kontribusi masyarakat Indonesia secara langsung dalam upaya meningkatkan literasi dan inklusi finansial dan pasar modal. Sejak pertama kali diluncurkan pada 15 Februari 2023 hingga saat ini, sebanyak 2.9 juta peserta telah teredukasi melalui 5.460 aktivitas nan melibatkan 2.881 Duta Pasar Modal.

Sosialisasi dan edukasi juga dilakukan melalui aktivitas Sekolah Pasar Modal nan senantiasa didukung oleh Anggota Bursa dan Manajer Investasi, baik secara langsung ataupun melalui kerja sama pendirian Galeri Investasi BEL. Selain itu metode sosialisasi dan edukasi lainnya juga turut dilakukan, di antaranya melalui penyelenggaraan kejuaraan olahraga seperti Chess Competition berbareng IDX Channel, hingga pengenalan pasar modal melalui IDX Mobile.

Dikutip dari siaran pers nan dibagikan oleh Kepala Kantor BEI Jawa Tengah 2 kepada wartawan hari ini, Kamis, 27 Juni 2024, Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik, menyatakan angan agar masyarakat luas dan calon penanammodal dapat memahami info serta sistem perdagangan nan ada sekaligus meningkatkan literasinya bakal pasar modal. 

"Masyarakat dan calon penanammodal diharapkan bisa mendapatkan pemahaman nan cukup baik, sehingga saat menjadi penanammodal bisa mengambil keputusan investasi secara rasional. Tentunya perihal tersebut didasari dengan info dan info jeli serta dapat diandalkan. melalui beragam akomodasi nan BEI sediakan, seperti IDX Mobile dan Website" ujar Jeffrey.

Pilihan Editor: Profil Dewan Syariah Nasional MUI nan Mengharamkan Short Selling dalam Bursa Efek Indonesia

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis