KA Logawa Gunakan Rangkaian Kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation Buatan PT INKA

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jember - KA Logawa relasi Jember - Purwokerto PP bakal mulai menggunakan rangkaian kereta ekonomi Stainless Steel New Generation pada Kamis, 19 September 2024.  Rangkaian itu diproduksi oleh PT Industri Kereta Api (INKA) di Madiun. 

Sebelumnya KA Logawa menggunakan sarana kereta Kelas Bisnis dan Ekonomi 106 Tempat Duduk dengan sandaran tegak. Mulai keberangkatan tanggal 19 September dari Stasiun Jember, KA Logawa mengunakan rangkaian Stainless Steel New Generation.

“Sarana nan bakal digunakan untuk rangkaian KA Logawa ini merupakan kereta ekonomi terbaru nan diproduksi oleh PT INKA di Madiun,” kata Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro dalam keterangan tertulis nan diterima TEMPO, Selasa, 17 September 2024.

Cahyo mengatakan penggunaan kereta produksi PT INKA, ini sebagai bentuk support KAI terhadap industri manufaktur dalam negeri. Selain itu juga mendorong optimasi penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), lantaran dalam proses pembuatannya, PT INKA juga menggandeng industri-industri mini dalam negeri lainnya. Sehingga pemesanan kereta api nan dilakukan oleh KAI ke PT INKA turut mendukung tumbuhnya industri strategis nasional.

Adanya perubahan sarana, tentu berakibat pada kapabilitas tempat duduk nan tersedia. Jika sebelumnya dalam sekali jalan KA Logawa membawa 3 kereta kelas upaya dan 5 kereta ekonomi 106 tempat duduk dengan total kapabilitas mencapai 722 tempat duduk. Setelah dilakukan perubahan rangkaian maka sekali jalan KA Logawa membawa 8 kereta Ekonomi Stainless Steel New Generation dengan kapabilitas masing-masing keretanya sebanyak 72 tempat duduk, sehingga total kapasitasnya menjadi 576 tempat duduk.

Pada rangkaian baru KA Logawa nan diberangkatkan dari Stasiun Jember pukul 06.15 WIB tersebut mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya tempat duduk nan dapat diatur perspektif kemiringan sandarannya, selain itu juga jarak antar bangku nan lebih luas, dan arah bangku dapat diatur sesuai dengan arah laju kereta api.

“Selain terminal listrik nan terdapat pada dinding, juga terdapat terminal USB di bawah handrest nan bisa digunakan untuk mengisi daya gawai para penumpang,” ujar Cahyo.

Iklan

Disamping itu pada rangkaian KA Logawa Stainless Steel New Generation juga terdapat fitur pintu geser elektrik dan papan info perjalanan kereta api di setiap keretanya, mulai dari info kecepatan, stasiun pemberhentian berikutnya alias stasiun nan baru saja dilewati, serta susunan tempat duduk.

“Pintu bakal terbuka dan tertutup otomatis dengan menekan sebuah tombol, penumpang tidak diperbolehkan memaksa membuka pintu secara manual, lantaran perihal tersebut bakal merusak mesin otomatis nan terdapat pada pintu,” kata dia.

Untuk semakin meningkatkan kenyamanan, pada rangkaian KA Logawa nan baru ini juga telah dilengkapi dengan “Corrugated bellow” pada sambungan antar kereta, sehingga kebisingan pada kereta dapat diredam lebih baik lagi, dan perihal itu membikin penumpang berasa lebih nyaman.

Harga tiket KA Logawa Stainless Steel New Generation relasi Jember- Purwokerto PP mulai dari Rp290 ribu. Pemesanan tiket KA Logawa Stainless Steel New Generation bisa dilakukan 45 hari sebelum agenda keberangkatan nan sudah ditentukan melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id, dan channel resmi nan bekerjasama dengan KAI.

“Perubahan rangkaian KA Logawa menjadi Stainless Steel New Generation adalah bentuk komitmen KAI untuk terus berinovasi meningkatkan pelayanan, kenyamanan dan kemudahan bagi masyarakat pengguna kereta api. Hadirnya akomodasi baru ini diharapkan dapat menambah kesan nan dirasakan oleh para pengguna dalam tiap perjalanannya,” tutup Cahyo.

Pilihan Editor: PT KAI Perkenalkan Kereta Ekonomi Generasi Baru Mulai 25 Maret 2024

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis