Kaesang Beri Dukungan ke Adik Eks Ajudan Jokowi Maju Pilkada Boyolali

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Minggu, 21 Jul 2024 16:52 WIB

Agus nan diusung PSI untuk Pilkada Boyolali 2024 adalah adik dari eks ajudan Jokowi saat tetap menjabat Wali Kota Solo. Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep menyerahkan surat tugas kepada Agus Irawan untuk maju di Pilkada Boyolali. (CNN Indonesia/Rosyid)

Solo, CNN Indonesia --

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyerahkan surat tugas kepada Agus Irawan untuk maju di Pilkada Boyolali. Penyerahan surat tugas dilaksanakan saat Kaesang meresmikan Kantor DPD PSI Solo nan baru, Minggu (21/7).

"Saya berterima kasih kepada Mas Agus Irawan sudah berkenaan datang sini untuk menerima surat tugas dari PSI untuk menjadi calon Bupati Boyolali," kata anak bungsu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) itu dalam sambutannya.

PSI sendiri tidak mempunyai bangku legislatif di Kabupaten Boyolali. Meski demikian, Kaesang mematok sasaran Agus kudu menang di kota susu itu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Harus menang ya, Mas. Kita nggak ada kata kalah. Walaupun mungkin kita di sana mini tapi saya percaya nan mini ini biasanya nan menang," kata Kaesang sebelum menyerahkan surat tugas kepada Agus.

Agus adalah adik dari mantan ajudan Presiden Joko Widodo saat tetap menjabat sebagai Wali Kota Solo, Devid Agus Yunanto.

Meski sudah tidak lagi menjadi ajudan, Devid tetap mempunyai hubungan dekat dengan family Jokowi. Devid sering muncul dalam agenda-agenda politik nan dihadiri Jokowi dan Gibran selama Pilpres lalu.

Hingga saat ini Agus tetap berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemerintah Kota (Pemkot) Solo.

Ia mengusulkan libur di luar tanggungan negara (CLTN) sejak mendaftar sebagai bakal calon Bupati Boyolali awal Juni lalu.

Wakil Ketua Umum nan juga Ketua Desk Pilkada PSI, Andy Budiman mengakui partainya mendukung Agus lantaran kedekatannya dengan family Jokowi.

"Itu salah satu faktor. Tapi jika kita lihat kelak Mas Agus ini kami sangat optimis bakal menang di Boyolali," kata Andy.

Namun dia menegaskan aspek kedekatan dengan Jokowi bukan semata-mata argumen PSI menyokong Agus. Ia menyatakan masyarakat Boyolali menginginkan perubahan suasana. Sejak Pemilihan Kepala Daerah langsung pertama kali pada 2004 silam, Kursi Bupati Boyolali tak pernah lepas dari genggaman PDIP.

"Setelah 15 tahun dipimpin oleh nan sekarang, masyarakat mau ada lompatan di Boyolali. Dan saya pikir Mas Agus adalah sosok nan paling tepat," kata Andy.

Sementara itu, Agus mengatakan dirinya telah mengantongi support dari Partai Gerindra, Golkar, dan PKB untuk Pilkada Boyolali. Dia optimistis, support dari PSI bakal mendorong perolehan suaranya di sana.

"Saya percaya dan percaya dengan support Mas Kaesang itu bakal menjadi positif luar biasa untuk Kabupaten Boyolali," kata Agus.

(syd/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional