Kaesang Ngaku Nebeng Naik Jet Pribadi, Siapa Penumpang Lain dan Milik Siapa?

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi, mendatangi Gedung KPK di Jakarta Selatan untuk memberikan penjelasan mengenai perjalanannya ke Amerika Serikat dengan menggunakan jet pribadi.

Beberapa pihak mencurigai perjalanan tersebut sebagai corak gratifikasi lantaran statusnya sebagai anak dan adik pejabat.

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu menjelaskan kepada KPK bahwa dia menggunakan jet pribadi dengan menumpang milik temannya. Pahala Nainggolan, Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, menyatakan bahwa KPK bakal melakukan verifikasi mengenai klaim tersebut. Mereka juga telah mengantongi nama kawan nan memberikan tumpangan, namun tetap memerlukan penjelasan lebih lanjut mengenai profil orang tersebut, termasuk apakah dia penduduk negara Indonesia alias bukan.

"Kita lihat apakah bener (nebeng) begitu, kita konfirmasi pasti," kata Deputi Pencegahan dan Monitoring Komisi Pemberantasan Korupsi, Pahala Nainggolan, di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, Jakarta Selatan, Selasa, 17 September 2024.

Kaesang mengungkapkan bahwa kehadirannya di KPK adalah inisiatif pribadi, bukan lantaran undangan alias panggilan. Dia menegaskan bahwa dia bukan pejabat negara, tetapi mau menunjukkan itikad baik sebagai penduduk negara. Dalam pertemuan tersebut, dia juga memberikan penjelasan tentang penggunaan jet pribadi untuk perjalanan ke Amerika Serikat pada 18 Agustus, di mana dia mengaku menumpang pesawat temannya.

"Kedatangan saya ke KPK sebagai penduduk negara nan baik, saya bukan penyelenggara negara, saya bukan pejabat. Saya datang ke sini, bukan lantaran undangan, bukan lantaran panggilan tapi inisiatif saya," kata Kaesang.

Iklan

Meskipun demikian, Pahala mengungkapkan bahwa tidak ada kawan nan dimaksud dalam jet pribadi tersebut. Jet tersebut diisi oleh Kaesang, istrinya Erina Gudono, kakak dari Erina, dan seorang staf. Pahala juga menambahkan bahwa lebih lanjut mengenai identitas temannya bakal ditanyakan lagi kepada nan bersangkutan.

Sebelumnya, perjalanan Kaesang dan Erina dengan jet pribadi menarik perhatian di media sosial, terutama setelah Erina mengunggah foto pemandangan dari dalam jet di Instagram. Beberapa spekulasi menyebut bahwa jet tersebut milik Gang Ye, salah satu petinggi SEA Limited nan mempunyai Shopee. Netizen menemukan bahwa jet nan digunakan adalah Gulfstream G650ER dengan nomor registrasi N588SE, nan terdaftar atas nama Garena Online, anak perusahaan SEA Group.

Meski demikian, Pahala tidak memastikan apakah kawan nan disebut Kaesang berinisial "Y" adalah Gang Ye. Sumber Tempo dari Shopee Indonesia juga tidak dapat memastikan apakah jet tersebut terafiliasi dengan SEA Group, mengingat sejak 2021, semua kendaraan operasional dewan sudah tidak ada lagi.

Terkait perihal ini, Gibran Rakabuming, kakak Kaesang, membantah adanya hubungan antara penggunaan jet pribadi dan kerja sama nan terjalin antara Shopee dengan Pemerintah Kota Solo saat Gibran tetap menjabat sebagai wali kota.

EIBEN HEIZAR | NANDITO PUTRA | RADEN PUTRI ALPADILLA GINANJAR
Pilihan editor: Viral Klarifikasi Kaesang ke KPK Soal Gratifikasi Jet Pribadi: Numpang ke Teman Bahasa Bekennya Nebeng

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis