Kaesang: Peluang Menang Alhamdulillah Sangat Besar di Jateng

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep buka bunyi soal kesempatan jika dirinya maju Pilkada Jawa Tengah 2024. Dia percaya bisa memenangkan pemilihan gubernur di sana.

Namun, Kaesang belum menentukan keputusan bakal maju di pilkada mana, apakah Jawa Tengah alias Jakarta. Dia meminta untuk menunggu berita selanjutnya pada Agustus alias saat tahapan pendaftaran Pilkada Serentak 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hal tersebut disampaikan putra bungsu Presiden RI Joko Widodo tersebut saat peresmian Kantor DPD PSI Kota Semarang.

"Tunggu nanti, ya, di bulan Agustus saat pendaftaran. Kalaupun saya mendaftar di Jateng, pasti ketemu lagi nanti. Peluang menang, Alhamdulillah sangat besar di Jawa Tengah," kata Kaesang di Semarang, dikutip Antara, Sabtu (20/7).

Dia mengatakan berasas hasil survei Litbang Kompas, elektabilitasnya menempati posisi teratas pada Pilkada Jateng 2024. Sementara elektabilitas Kaesang di Pilgub Jakarta rendah.

"Survei saya di DKI kan kecil. Terakhir Litbang Kompas di nomor satu. Alhamdulillah, di Jateng dengan tidak ada foto, tidak ada baliho, tidak ada 'billboard', Alhamdulillah nomor satu di Jateng," katanya.

Menanggapi kemungkinan berduet dengan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi di Pilgub Jateng 2024, Kaesang mengatakan Luthfi adalah sosok nan layak menjadi Gubernur Jateng.

"Kita lihat lagi bahwa Provinsi Jateng ini sangat besar dan Pak Ahmad Luthfi sendiri juga sebagai Kapolda sudah pernah, nan beliau lakukan sudah banyak, khususnya di Jateng," katanya.

Akan tetapi, Kaesang kembali menegaskan untuk meminta menunggu mengenai keputusannya maju di pilkada mana, sebagai apa, dan dengan siapa, termasuk jika maju di Jateng berbareng Ahmad Luthfi.

"Saya rasa beliau memang layak menjadi gubernur di Jateng untuk periode selanjutnya. Tapi, kembali lagi, untuk masalah Luthfi-Kaesang alias Kaesang- Luthfi, lihat kelak ya," katanya.

Pada hasil survei Litbang Kompas terbaru mengenai Pilkada Jateng 2024, Kaesang berada di posisi teratas. Menyusul di posisi kedua, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi.

Kaesang unggul dalam simulasi model jawaban terbuka alias top of mind dan pada model jawaban semi tertutup (diekstrapolasi).

Pada simulasi terbuka, Kaesang memperoleh elektabilitas sebesar 7 persen. Pada posisi kedua, menyusul Luthfi dengan 6,8 persen.

Urutan pada model jawaban semi tertutup namalain ekstrapolasi juga tak berubah. Kaesang tetap unggul dengan 19,4 persen. Disusul Luthfi di posisi kedua dengan 18,9 persen.

Pada survei nan sama mengenai Pilgub Jakarta, Kaesang hanya memperoleh elektabilitas sebesar 1,0 persen, terpaut jauh dengan Anies nan bertengger di posisi teratas dengan perolehan 29,8 persen.

(antara/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional