Kaesang Pergi ke AS Naik Jet Pribadi Bersama Istri, Ipar, dan Staf

Sedang Trending 1 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 17 Sep 2024 21:49 WIB

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan menyebut jika dikonversi  ke corak duit rupiah, biaya naik jet pribadi itu mencapai Rp360 juta. Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep pergi ke Amerika Serikat (AS) menggunakan jet pribadi berbareng istrinya Erina Gudono, kakak Erina dan seorang staf. (ANTARA FOTO/RENO ESNIR)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep pergi ke Amerika Serikat (AS) menggunakan jet pribadi berbareng istrinya Erina Gudono, kakak Erina dan seorang staf.

Hal itu diketahui usai Kaesang datang ke Gedung KPK untuk berkonsultasi mengenai dugaan gratifikasi, Selasa (17/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengatakan jika dikonversi akomodasi nan diterima ke corak duit rupiah, biaya naik jet pribadi itu mencapai Rp360 juta.

"Yang berkepentingan ini sudah bilang 'oh ya kira-kira Rp90 juta lah satu orang gitu ya seharga tiket'. Ini jika kita tetapkan milik negara ya," kata Pahala di Gedung KPK, Selasa (17/9).

"Jadi Kaesang, istrinya, kakak istrinya, dan stafnya, jadi berempat. Jadi kira-kira Rp 90 juta, jika berempat, Rp360 [juta] lah jika ditetapkan milik negara," imbuh dia.

Namun, perihal tersebut tetap hitung-hitungan. Sebab KPK tetap mengumpulkan info dan bakal memanggil sejumlah pihak mengenai dugaan gratifikasi Kaesang.

Pahala mengatakan Direktorat Gratifikasi nan menerima laporan nantinya bakal bertanya lebih perincian dan menganalisis blangko gratifikasi Kaesang dalam kurun waktu 3-4 hari.

Ia mengatakan KPK bakal menetapkan perjalanan Kaesang itu masuk dalam milik negara alias milik pribadi. Apabila diketahui perihal tersebut tak tergolong gratifikasi, maka laporan terhadap Kaesang tidak bakal dilanjutkan.

"Kalau ditetapkan bukan milik negara, ya sudah, gitu aja. Laporannya enggak kemana-mana," ujar Pahala.

Kaesang sebelumnya datang ke KPK dengan didampingi Jubir Francine Widjojo, Kuasa Hukum Nasrullah, dan Wakil Menteri ATR/BPN sekaligus Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni.

Kaesang terseret kasus dugaan gratifikasi lewat akomodasi jet pribadi. Dugaan gratifikasi itu mulanya terungkap dari unggahan Erina di akun IG @erinagudono.

Erina membagikan foto perjalanannya ke AS dan style hidup mewahnya saat tiba di sana. Pesawat nan digunakan Erina dan Kaesang diduga merupakan jet pribadi lantaran mempunyai corak jendela pesawat nan berbeda dari biasanya.

Sejumlah pihak menduga Kaesang menggunakan jet pribadi Gulfstream G650E milik Garena, perusahaan asal Singapura.

(yoa/fra)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional