KAI Daop 1 Jakarta Catat Kenaikan Jumlah Penumpang Menuju Jakarta Hari Ini

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) alias KAI Daerah Operasi 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan jumlah penumpang nan menuju Jakarta mencapai 37.229 pada hari ini, Senin, 16 September 2024. Angka tersebut lebih tinggi dari hari sebelumnya sebanyak 25.495 penumpang. Penumpang itu adalah arus kembali libur panjang nan bertepatan dengan Peringatan Maulid Nabi SAW. 

"Puncak arus kembali diperkirakan terjadi hari ini, Senin, nomor sementara penumpang turun mencapai 37.229 orang,” kata Ixfan dalam keterangan tertulis. 

Menurut info sementara, kehadiran penumpang ke Jakarta pada Selasa besok sebanyak 33.470 orang. Ixfan mengatakan jumlah tersebut tetap dapat berubah lantaran penjualan tiket dari stasiun-stasiun keberangkatan penumpang tetap terus berlangsung.

KAI Daop 1 Jakarta mencatat telah menjual tiket Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) sebanyak 146.100 untuk masa libur panjang periode 13 hingga 17 September 2024. Sebanyak 64 ribu penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dengan 32 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh per hari. Sementara itu, nan berangkat dari Stasiun Gambir terdapat 48 ribu penumpang dengan 33 perjalanan per hari.

"Sisanya, sekitar 34.100 penumpang, berangkat dari stasiun lainnya di wilayah Daop 1 Jakarta, seperti Bekasi, Jatinegara, Cikarang, Karawang, Cikampek, dan Jakarta Kota," imbuhnya. 

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur panjang ini, PT KAI Daop 1 Jakarta mengoperasikan 8 Kereta Api Tambahan mulai Sabtu hingga Selasa. Menurut Ixfan, KAI menyediakan 183.434 bangku melalui 321 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh, termasuk Kereta Api Tambahan. Dari total tersebut, 108.790 bangku disediakan untuk keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dan 74.644 bangku dari Stasiun Gambir.

Iklan

Adapun selama libur panjang ini, puncak jumlah penumpang terjadi pada Sabtu 14 September 2024. KAI Daop 1 Jakarta mencatat 37.346 penumpang nan berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan Gambir. Tujuan favorit penumpang adalah Yogyakarta, Malang, Solo, Blitar, Surabaya, dan Semarang.

Selain itu, selama libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW, KAI Daop 1 Jakarta bakal menyelenggarakan aktivitas "Sapa Pelanggan". Hal tersebut dilakukan guna mendapatkan pendekatan individual kepada penumpang dan juga meningkatkan kepuasan serta loyalitas pelanggan. 

Ixfan juga mengimbau kepada para pengguna KAI untuk selalu berhati-hati menjaga peralatan bawaan, baik berangkat maupun tiba di Jakarta. Ia melanjutkan jangan sampai ada nan tertinggal di kereta alias peron stasiun. 

“Selama long weekend ini, KAI juga melakukan pendekatan individual untuk meningkatkan kepuasan pelanggan serta membangun gambaran positif melalui hubungan nan ramah dan mendukung. PT KAI berkomitmen untuk memberikan jasa terbaik dan memperkuat hubungan dengan pengguna jasa kereta api.” pungkasnya.

Pilihan Editor: Menara Kadin Diblokade, Arsjad Rasjid Optimistis Selasa Sudah Temukan Kantor Lain

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis