KAI Prediksi Sampai Akhir Tahun 2024 Bisa Layani hingga 400 Juta Penumpang

Sedang Trending 2 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Solo - PT Kereta Api Indonesia (Persero) alias KAI memprediksi hingga akhir tahun 2024 kelak bisa melayani hingga lebih dari 400 juta penumpang dari semua jasa kereta api (KA) di seluruh wilayah. Yogyakarta, Solo, dan Surabaya menjadi kota nan paling sering dikunjungi oleh para pengguna kereta api. 

Vice President (VP) Public Relations PT KAI Anne Purba menyampaikan perihal itu saat gelaran Rail Clinic di Stasiun Solo Kota, Jawa Tengah, Rabu, 18 September 2024. 

"Sebelum pandemi kami melayani sekitar 336 juta penumpang dan kami prediksikan sampai akhir tahun bisa melayani lebih dari 400 juta penumpang dari semua jasa kereta api di seluruh wilayah," ujar Anne.

Khusus untuk Yogyakarta-Solo, dia mengatakan, memang terlihat peningkatan cukup signifikan lantaran ada kereta lokal dan kereta rel listrik alias KRL nan awalnya hanya 6.000 penumpang sampai 8.000 penumpang, tapi di peak season alias musim liburan bisa mencapai 30 ribu penumpang. Bahkan pernah mencapai 45 ribu ketika Lebaran. 

"Kemudian kota-kota nan menjadi tujuan utama untuk visitor seperti kemarin kami melayani 5 juta lebih itu, salah satunya adalah Yogya-Solo ini. Solo, Yogya, Surabaya, adalah area-area nan memang dikunjungi paling tinggi untuk penumpang. Jadi sasaran kami itu," kata dia. 

Adapun dalam rangka memperingati HUT ke-79, KAI menggelar Rail Clinic. Di wilayah Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta di antaranya digelar di Stasiun Solo Kota pada Rabu, 18 September 2024. Rail Clinic ini memberikan pelayanan kesehatan dan edukasi kepada masyarakat secara gratis.  

"Kegiatan ini diadakan dalam rangka merayakan HUT ke-79, KAI pada 28 September 2024 nantinya serta menjadi satu rangkaian KAI TJSL Fest 2024 nan dipusatkan di Kota Solo," tutur Anne. 

Selanjutnya: Dalam satu rangkaian Rail Clinic terdiri atas 2 Rail Clinic....

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis