Kata-kata Jokowi soal SBY dan Megawati Tak Hadir Upacara HUT RI di IKN

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Sabtu, 17 Agu 2024 19:20 WIB

Jokowi memaklumi Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 SBY tidak dapat datang dalam upacara HUT RI ke-79 di Istana Negara, IKN, Sabtu (17/8). Kata-kata Presiden Jokowi soal SBY-Megawati tak datang upacara HUT RI di IKN. (CNN Indonesia/Khaira Ummah Junaedi Putri)

Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memaklumi Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak dapat datang dalam upacara HUT RI ke-79 di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur, Sabtu (17/8).

Jokowi meyakini kedua tokoh bangsa itu mempunyai kesibukan masing-masing terutama untuk menyambut hari lahir bangsa Indonesia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ya lantaran beliau-beliau kan juga ada aktivitas nan sangat krusial di tempat nan berbeda," kata Jokowi di Istana Garuda, IKN, Kalimantan Tinur, Sabtu (17/8).

Jokowi meminta agar seluruh pihak menghormati keputusan baik Megawati maupun SBY. Sebab menurutnya, merayakan hari kemerdekaan di manapun tetap tidak mengubah maksud dan tujuan seremoni itu sendiri.

"Karena beliau-beliau juga merayakan hari ulang tahun kemerdekaan di Jakarta, di Pacitan, saya kira," ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Sekretariat Negara telah mengundang mantan presiden dan wakil presiden untuk datang dalam upacara peringatan HUT kemerdekaan RI di IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang. Surat undangan resmi telah dikirim ke para tokoh.

Mensesneg Pratikno mengatakan pihaknya tak memaksa para tokoh-tokoh itu untuk hadir. Istana pun memfasilitasi jika para mantan presiden dan wakil presiden mau upacara di Jakarta.

Namun Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat mengatakan Megawati bakal memimpin upacara peringatan HUT ke-79 RI di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Sementara SBY datang pada upacara HUT RI di Pacitan, Jawa Timur. Putra SBY nan menjabat Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan aktivitas di Pacitan sudah direncanakan jauh-jauh hari.

(khr/bac)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional