Kekayaan Pendiri Google Mencapai Bilangan Kuadriliun, Berapa Triliun?

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, JakartaLarry Page dan Sergey Brin adalah pemegang saham terbesar dari perusahaan induk Google, Alphabet. Meskipun mengundurkan diri dari kedudukan pada Desember 2019, tetapi mereka mempunyai total kekayaan nan sangat banyak. Kekayaan campuran dari Page dan Brin berbobot $257 miliar alias Rp4,1 kuadriliun berasas Daftar Miliarder Forbes.

Menurut businessinsider, Larry Page dan Sergey Brin berjumpa pertama kali pada 1995. Saat itu, Brin memberi Page sebuah tur di sekitar Universitas Stanford. Brin adalah mahasiswa pascasarjana tahun kedua di departemen Ilmu Komputer Stanford. Sementara itu, Page tetap mempertimbangkan untuk menempuh pendidikan di Universitas Stanford. 

Meskipun saat awal, Page dan Brin tak akur, tetapi mereka berhujung menjadi kawan sekelas. Bahkan, mereka mulai bekerja sama membikin katalog setiap tautan di internet nan berasal dari buahpikiran Page berjulukan BackRub.

Setelah itu, Page dan Brin mendirikan Google pada 1998 nan pertama kali diluncurkan di kandang mobil Menlo Park, California. Page mempunyai tugas sebagai CEO Google dan CEO Alphabet, sedangkan Brin adalah Presiden Google. Lalu, pada 2019, duo miliarder ini mengumumkan bahwa kemundurannya dari Alphabet. Namun, setelah keluar dari Google, mereka mempunyai pendapatan mencapai kuadriliun. 

Pendapatan kuadriliun tersebut dihabiskan oleh Page dan Brin untuk membeli properti dan aset. Adapun, aset nan dibelanjakan oleh mereka sebagai berikut, di antaranya:

  • Page membeli rumah senilai $7,2 juta (Rp110 miliar) di Old Palo Alto;
  • Brin membeli penthouse di West Village, New York seharga $8,5 juta (Rp136 miliar);
  • Page dan Brin berpiknik ke Fiji dan Sisilia; dan
  • Page dan Brin membeli kapal pesiar super seharga $80 juta (Rp1 triliun).

Tak hanya itu, Page dan Brin juga membeli aset-aset lain untuk investasi masa depan mereka dengan pendapatan kuadriliun tersebut.

Lantas, apa itu kuadriliun?

Mengacu etymonline.com, kuadriliun (quadrillion) berasal dari bahasa Prancis nan muncul pada 1670-an. Kuadriliun merupakan campuran dari quadri berfaedah empat dan million nan berfaedah juta. Kuadriliun juga menunjukkan 1.000 triliun alias satu tingkat di atas triliun.

Iklan

Berdasarkan kbbi, kuadriliun merupakan 10 pangkat 15 di Amerika Serikat (AS). Sementara itu, kuadriliun juga berfaedah 10 pangkat 24 di Inggris. Terdapat dua sistem berbeda nan digunakan untuk menamai nomor lebih dari satu juta ini.

Sistem Amerika Serikat

Dilansir quadrillion.com, dalam sistem AS, awalan Latin merujuk pada jumlah golongan tiga nol, tetapi tidak termasuk golongan terakhir tiga nan mewakili seribu. Dengan demikian, 1 kuadriliun di Amerika Serikat mempunyai 0 berjumlah 15 dengan penulisan 1.000.000.000.000.000.

Sistem Inggris

Pada sistem Inggris, awalan Latin mewakili satu juta sehingga satu miliar Inggris mempunyai 0 berjumlah 12. Sementara itu, 1 kuadriliun Inggris mempunyai 0 berjumlah 24 dengan penulis 1.000.000.000.000.000.000.000.000.000.000.

Saat ini, penggunaan kuadriliun nyaris sepenuhnya menerapkan sistem AS, termasuk penduduk Inggris. Perubahan ini mulai terjadi perlahan sekitar akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21. Dengan demikian, merujuk pada kekayaan dari Larry Page dan Sergey Brin sebanyak Rp4,1 kuadriliun berfaedah dapat ditulis 4.100.000.000.000.000.

Pilihan Editor: Tahukah Sebutan Bilangan di Atas Triliun? Ada Sekstiliun, Nolnya Berapa?

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis