Keluar Percikan Api, Penerbangan Haji Garuda Indonesia Rute Makassar-Madinah Kembali ke Landasan

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Penerbangan pesawat Garuda Indonesia GA-1105 rute Makassar – Madinah kembali ke airport asal alias Return to Base (RTB), setelah sempat lepas landas dari Bandara Sultan Hasanudin, Makassar pada Rabu, 15 Mei 2024. 

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan penerbangan kloter 5 asal embarkasi Makassar tersebut melakukan prosedur RTB sebagai langkah sigap guna memitigasi akibat pada aspek keselamatan dan keamanan operasional pada penerbangan tersebut.  

Menurut Irfan, keputusan RTB tersebut diambil oleh Pilot in Command (PIC) segera setelah pesawat lepas landas dengan mempertimbangkan kondisi hambatan mesin pesawat nan memerlukan pemeriksaaan lebih lanjut.

"Setelah diketahui adanya percikan api pada salah satu engine. Atas kondisi itu, engine pesawat diharuskan menjalani prosedur pengecekan secara menyeluruh sebagai bagian dari upaya memastikan kesiapan armada untuk dapat kembali beroperasi," ujar Irfan dalam keterangan tertulis dikutip Tempo, Rabu.  

Ia mengatakan penerbangan tersebut telah mendarat dengan selamat di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar pada pukul 17.15 LT. Hingga pernyataan ini disampaikan, kata dia, seluruh penumpang tengah diarahkan kembali menuju pondok untuk menunggu kesiapan pesawat pengganti.

"Seluruh penumpang pesawat tiba di airport dalam keadaan selamat dan baik, dan bakal kembali diberangkatkan secepatnya merujuk pada kesiapan pesawat pengganti," kata dia. 

Iklan

Dia memastikan proses pendampingan jemaah menuju pondok turut melibatkan stakeholder kebandarudaraan mengenai guna memastikan aspek keselamatan dan kenyamanan para penumpang terjaga dengan baik. 

GA-1105 nan dioperasikan dengan armada B747-400 diberangkatkan dari Bandara Sultan Hasanuddin pada pukul 15:30 LT dan dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Prince Mohammad bin Abdulaziz, Madinah pada pukul 21.10 LT.  

Penerbangan tersebut mengangkut sedikitnya 450 penumpang, nan merupakan rombongan calon jemaah haji asal embarkasi Makassar, serta 18 awak pesawat. "Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan nan terjadi kepada seluruh  Jemaah Haji pada penerbangan tersebut dan juga Kementerian Agama RI selaku penyelanggara haji," ucap dia. 

Garuda Indonesia, kata dia, tengah melakukan koordinasi intensif kepada pihak-pihak mengenai guna memastikan tindak lanjut  penanganan jamaah untuk dapat kembali melanjutkan perjalanan.  

Pilihan Editor: Terkini: Jokowi Sebut Bantuan Beras Patut Disyukuri, Besaran Iuran BPJS Kesehatan Terbaru Setelah Diganti KRIS

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis