Kemendag: Trade Expo Indonesia ke-39 untuk Tingkatkan Nilai Ekspor

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Mardyana Listyowati berambisi penyelenggaraan Trade Expo Indonesia ke-39 dapat meningkatkan keahlian ekspor melalui diversifikasi pasar. Tidak hanya mempromosikan produk ekspor berbobot tambah,  aktivitas ini juga dapat mendorong penetrasi ekspor ke negara-negara tujuan.

"Tidak hanya bisa mengenalkan produk-produk kita kepada buyer internasional. Namun juga kita bakal memperluas pasar," ujarnya saat konvensi pers Trade Expo Indonesia ke-39 di ICE BSD, Ruang Garuda 6A dan 6B, Selasa 17 September 2024. 

Mardyana mengatakan melalui Trade Expo Indonesia bisa mendorong ekspor, baik itu di pasar tradisional maupun non-tradisional. Saat ini, menurutnya, pasar internasional sudah mulai jenuh seperti nan terjadi di Eropa dan Amerika. Hal tersebut dipengaruhi oleh situasi geopolitik dengan adanya perang nan tidak menguntungkan perdagangan dunia.  Karena itu, dia membuka keran untuk melakukan ekspor ke negara dengan pasar-pasar non-tradisional seperti di Benua Afrika.

Mardyana memperkirakan perekonomian secara dunia pada 2024 bakal tumbuh sebesar 3,2 persen. Ia melanjutkan kenaikan tersebut dengan kecenderungan melambat secara kumulatif di mana nilai ekspor nonmigas pada periode Juli 2024 tumbuh positif. 

"Capaian ini didorong kenaikan ekspor nonmigas kita sebesar 5,98 persen dan migas nan naik 15,57 persen jika dibandingkan dengan periode Juli 2024," ungkapnya.

Iklan

Karena itu pemerintah perlu melakukan langkah konkret untuk meningkatkan perekonomian nasional. Langkah nan diambil Mardyana selaju Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional adalah menjaga kemerdekaan ekspor nonmigas Indonesia. 

Adapun aktivitas Trade Expo Indonesia merupakan pameran jual beli internasional nan berfokus pada B2B nan dirancang untuk mendorong pertumbuhan produk ekspor nasional dan memperluas pasar ekspornya. Pada 2024, Trade Expo Indonesia bakal dilaksanakan selama 4 hari tanggal 9 hingga 12 Oktober 2024 di The Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD CIty, Tangerang, Indonesia.

Tema Trade Indonesia jenis ke-39 ini adalah "Build Strong Connection with The Best of Indonesia". Tujuannya adalah untuk membangun hubungan nan kuat antara produsen produk ekspor lokal Indonesia dengan pasar upaya di seluruh dunia. 

Pilihan Editor: Perseteruan Kubu Arsjad Rasjid vs Anindya Bakrie, Majalah Tempo Pernah Tulis Perebutan Ketua Umum Kadin pada 2010

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis