Kemenhub Rampungan 25 Proyek Strategis Nasional, Kebut 4 Lagi Tahun Ini

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sebut penggarapan Proyek Strategis Nasional alias PSN sudah mencapai 82 persen. Dari total 35 PSN Kemenhub, Budi Karya berujar, Dua puluh lima di antaranya sudah rampung digarap.

Adapun 25 proyek nan telah dirampungkan ialah 7 proyek transportasi, 7 proyek perkeratapian, dan 11 pelabuhan. Beberapa PSN tersebut, di antaranya Kereta Api Akses New Yogyakarta International Airport (YIA). Budi Karya memaparkan, penumpang ke arah YIA terlayani rata-rata 193.806 per bulan. Ia berujar, kereta airport itu mempermudah perjalanan masyarakat nan bakal menuju YIA lantaran lebih cepat.

"Kereta airport YIA ini model apa nan selama ini ada di luar negeri dan tidak mungkin terjadi di negara kita, itu terjadi (di Indonesia)," ujar Budi Karya dalam aktivitas Rakernas Percepatan dan Pra-Evaluasi PSN di Jakarta, Selasa, 14 Mei 2024.

Selain kereta airport YIA, Budi Karya memaparkan, PSN nan sudah diselesaikan kementeriannya antara lain Makassar New Port, Bandara Komodo Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Bandara Zainuddin Abdul Madjid Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Lebih lanjut, Budi Karya mengatakan ada empat proyek nan bakal diselesaikan tahun ini. Keempat proyek tersebut, ialah pengembangan Pelabuhan Sorong, pengembangan Pelabuhan Benoa, Double Track kereta api di Jawa Selatan, dan kereta api logistik Lahat-Kertapati.

Sementara sisanya, ada 6 PSN sisanya selesai setelah 2024 alias di era pemerintahan baru. Keenam proyek tersebut, ialah LRT segmen Velodrome-Manggarai, MRT Jakarta East-West, MRT Jakarta Nort-South, prasarana kereta api logistik Kalimantan Timur, pembangunan Pelabuhan Palembang Baru, dan pembangunan Pelabunan Peti Kemas Muaro Jambi. "Apa nan kami lakukan adalah mempersatukan Indonesia, (mempersatukan) antarwilayah," ujar Budi Karya. 

Pilihan editor: Airlangga Targetkan 41 Proyek Strategis Nasional Rampung Tahun Ini

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis