Kemenhub Tak Buka Pendaftaran Taruna STIP, Pengamat: Kalau Bisa Tutup 2 Tahun

Sedang Trending 4 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Perhubungan alias Kemenhub mengumumkan tidak bakal membuka susunan pendaftaran taruna baru untuk Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran alias STIP. Keputusan ini menyusul kasus senioritas dan kekerasan nan menyebabkan satu taruna meninggal.

Pengamat pendidikan dari Perkumpulan Keluarga Besar Tamansiswa, Ki Darmaningtyas mengatakan keputusan Kemenhub meniadakan pendaftaran seleksi taruna STIP tahun ini adalah tepat. Sebab, menurut dia, keputusan tersebut bisa memutus relasi antara senior dan junior.

"Saya kira sudah tepat, jika saya mengusulkan bukan hanya satu tahun, tapi dua tahun," katanya ketika dihubungi, Rabu, 15 Mei 2024.

Ia mengungkapkan meski tidak dibuka pendaftaran baru untuk taruna STIP tahun ini, tidak bakal berakibat terhadap regenerasi sumber daya manusia milik Kemenhub. "Enggak ada akibat (buruk), apalagi mengalami gangguan regenerasi. Enggak ada," ujarnya.

Menurut dia, adanya kasus kekerasan antara senior dan junior beberapa waktu lampau merupakan momen nan tepat untuk Kemenhub mengevaluasi dan mereformasi sistem pendidikan di STIP. Ia mengungkapkan sebaiknya kultur lingkungan dan budaya disesuaikan dengan nan ada di perguruan tinggi alias universitas.

"Lebih baik seperti di universitas, kan tidak ada istilah senior-junior," ucapnya. Selain itu, dia menilai perlu adanya pertimbangan terhadap sistem pondok untuk taruna STIP.

Ia mengatakan, sejatinya pondok nan disediakan sekolah itu hanya dihuni oleh taruna baru tahun pertama. Sementara untuk taruna tahun kedua diwajibkan untuk tinggal berdikari di luar asrama. "Ini perlu dicoba, direncanakan. Nanti 3 sampai 5 tahun dievaluasi. Kalau efektif, lanjutkan," katanya.

Sebelumnya, Anggota Subbag Perencanaan, Data, dan Informasi Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kemenhub, Yogi memastikan STIP tidak bakal membuka formasinya tahun ini.

Iklan

“Izin kami konfirmasi bahwa tahun ini STIP tidak membuka susunan untuk pola pembibitan,” ucapnya dalam Konferensi Pers Persiapan Pembukaan Seleksi ASN untuk Sekolah Kedinasan 2024, melalui YouTube, Senin, 13 Mei 2024.

Ia pun tak menjelaskan lebih lanjut kapan seleksi tersebut dibuka kembali. Padahal, seleksi pendaftaran calon aparatur sipil negara (CASN) melalui jalur sekolah kedinasan sudah dibuka mulai Rabu, 15 Mei 2024.

Pemerintah telah mengalokasikan kebutuhannya untuk 8 lembaga penyelenggara sekolah kedinasan dengan 3.445 formasi. Salah satunya, untuk 22 sekolah kedinasan nan dinaungi oleh Kemenhub, ialah sebesar 622 kebutuhan.

“Sesuai dengan penjelasan dari teman-teman perhubungan, tahun ini STIP tidak membuka susunan melalui jalur pendidikan kedinasan,” ujar Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen dalam forum nan sama.

AISYAH AMIRA

Pilihan Editor: Terkini: Jokowi Hapus Sistem Kelas BPJS Kesehatan YLKI Pertanyakan Alasannya, Bea Cukai Banyak Disorot Sri Mulyani Rapat Internal

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis