Kementerian ESDM akan Tambah Kapasitas PLTS Cirata

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bakal menambah kembali kapabilitas pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Cirata. Kapasitas PLTS Cirata rencananya bakal ditambah dayanya sekitar 500 MW.

“Cirata dikembangkan lagi ada tambahan 500 MW,” ujar Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Eniya Listiani Dewi ketika dihubungi pada Senin, 16 September 2024.

PLTS Cirata menurut Eniya menjadi salah satu realisasi dari proyek PLTS nan sedang dijalankan oleh Kementerian ESDM, terutama program PLTS terapung. Di luar PLTS Cirata ini, Kementerian ESDM juga sedang mengembangkan beberapa PLTS apung lainnya.

Disebut-sebut ada potensi 14,7 GW dari pembangunan PLTS apung di 257 waduk nan tersebar di beragam wilayah seperti Jawa-Bali, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara. “(PLTS) Cirata di luar (potensi) 14.7GW,” kata Eniya.

Sebelumnya PLTS Cirata diklaim oleh Presiden Joko Widodo sebagai PLTS terapung terbesar di Asia Tenggara dan ketiga terbesar di dunia. Pembangkit listrik nan terdapat di Waduk Cirata, Jawa Barat itu  memiliki kapabilitas mencapai 192MWp. "Kami mempunyai PLTS terapung pembangkit listrik tenaga surya terapung di Waduk Cirata dengan kapabilitas 192 megawatt peak. Terbesar di Asia Tenggara dan terbesar ketiga di dunia," kata Jokowi saat membuka Indonesia International Sustainability Forum (ISF) 2024, di Balai Sidang Jakarta (JCC), Kamis, 5 September 2024.

Iklan

Kepala Negara telah meresmikan PLTS Terapung Cirata tersebut pada November tahun lalu. Pembangkit listrik tersebut merupakan salah satu upaya dalam mewujudkan pemanfaatan daya baru dan terbarukan (EBT) menjadi sumber daya listrik di Indonesia.

Tak hanya itu, Jokowi juga menyebut Indonesia mempunyai potensi daya hijau nan melimpah, mencapai lebih dari 3.600 gigawatt (GW). Potensi daya hijau tersebut berasal dari daya air, angin, matahari, panas bumi, gelombang laut hingga bioenergi.

ANTARA berkontribusi dalam penulisan tulisan ini.

Pilihan editor: Erick Thohir Tunjuk Jeffry Haryadi P. Manullang Sebagai Dirut PT Asabri Gantikan Wahyu Suparyono

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis