Kementerian Kelautan Dorong Susu Ikan untuk Program Makan Bergizi Gratis

Sedang Trending 3 minggu yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan alias KKP, Budi Sulistyo mengatakan bakal mendorong susu ikan menjadi asupan menambah protein generasi mendatang. Susu ikan ini sebagai upaya mendukung program makan bergizi gratis.

"Bagaimana kami mendorong sumber ikan sebagai sumber protein bangsa," kata Budi dalam aktivitas Bincang Bahari nan mengusung topik “Apa Itu Susu Ikan?” di Gedung Mina Bahari IV, KKP, pada Selasa, 17 September 2024.

Program susu ikan ini, kata Budi, merupakan satu aktivitas mengurangi stunting di Indonesia. Pemberantasan stunting itu, dia menjelaskan, salah satu kebutuhan adalah memenuhi kebutuhan protein alias asupan protein masyarakat.

Menurut Budi, program susu ikan ini nan kemudian dalam waktu dekat, katanya, diimplementasikan melalui program makan bergizi gratis. "Bagaimana menjalankan program makan bergizi cuma-cuma untuk menjemput Generasi Emas Indonesia," tutur dia.

Budi, mengatakan KKP berbareng peneliti, pelaku usaha, bakal terus mendorong susu ikan sebagai sumber menambah protein. Sumber protein ini dikemas dalam proyek susu ikan. Dan mendorong agar ikan sebagai sumber protein bangsa.

Menurut Budi, nilai strategis dari program susu ikan itu sebagai corak keterlibatan pemerintah dalam memastikan pemenuhan gizi dan asupan protein masyarakat. Sumber protein ini digadang-gadang sebagai upaya memerangi stunting. "Membangun generasi nan handal dan kuat ke depan," ujarnya.

Iklan

Dia menjelaskan, dalam perihal peningkatan asupan protein masyarakat, susu ikan dianggap bakal berakibat cukup signifikan. Selain itu, melalui program susu ikan, itu sangat signifikan mendorong upaya mikro, kecil, dan menengah alias UMKM, naik kelas.

"Jadi bakal meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan penambahan lapangan kerja nan menjadi satu nilai positifnya," ucap Budi, saat berbincang dengan peneliti Ahli Utama, Pusat Riset Bioindustri Laut dan Darat BRIN, Ekowati Chasanah; Founder Berikan Protein Yogie Arry.

Makan bergizi cuma-cuma merupakan program unggulan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Presiden Joko Widodo alias Jokowi telah mengalokasikan anggaran program makan bergizi cuma-cuma sebesar Rp 71 triliun dalam APBN 2025.

Pilihan Editor: Susu Ikan Dinilai Cocok untuk Anak dengan Intoleransi Laktosa

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis