Kepala Bappenas: Pembangunan IKN Sudah 80,82 Persen

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Menteri PPN/Kepala Bappenas ) Suharso Monoarfa menyatakan, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah mencapai 80,82 persen per 25 April 2024.

Hal ini disampaikannya dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat pada Senin, 6 Mei 2024.

"Pembangunan IKN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru hingga saat ini telah mengalami 80,82 persen dari sasaran pembangunan tahap pertama," kata Suharso. 

Pembangunan tahap 1 IKN difokuskan pada area inti pusat pemerintahan dengan beberapa prasarana prioritas. Beberapa di antaranya merupakan landmark, seperti Istana Presiden dan lapangan upacara, Sumbu Kebangsaan serta gedung perkantoran kementerian/lembaga, kediaman Aparatur Sipil Negara (ASN) dan personel pertahanan dan keamanan (Hankam). 

Kemudian, didukung pula dengan prasarana sumber daya air dan jaringan akses jalan utama termasuk tol, jaringan listrik dan pendukung lainnya. Target pembangunan IKN pada 2024, kata dia meliputi pembangunan ekosistem utuh di area sekitar 1.000 hektare. Kawasannya berupa area pemerintahan komplit dengan akomodasi pendukung bagi penduduk pelopor. 

Suharso merincikan perkembangan pembangunan per 25 April untuk beberapa prasarana prioritas di IKN. Kawasan Istana Negara dan lapangan upacara sudah mencapai 60,54 persen, sementara area Istana Presiden sudah 80,95 persen. 

Gedung Kementerian Koordinator sudah mencapai 49,36 persen dan Rumah Tapak Jabatan Menteri 85,78 persen. Kemudian, progres pembangunan rumah susun ASN dan Hankam telah menyentuh 33,88 persen. 

Selanjutnya: Suharso melanjutkan, komitmen investasi untuk pembangunan IKN....

  • 1
  • 2
  • Selanjutnya
Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis