Ketua PDIP: Mega Umumkan Gelombang Terakhir Cakada Akhir Pekan Ini

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Selasa, 20 Agu 2024 17:24 WIB

Ketua DPP PDIP mengatakan pengumuman calon kepala wilayah nan disampaikan pada akhir pekan ini merupakan gelombang terakhir nan bakal diusung partainya. Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri (kanan) didampingi Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto (tengah) dan Ketua DPP Bidang Kehormatan PDIP Komarudin Watubun (kiri) dalam suatu momen partai beberapa waktu lalu. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Jakarta, CNN Indonesia --

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP akan kembali mengumumkan calon kepala wilayah nan bakal mereka usung di Pilkada serentak 2024 akhir pekan ini, antara 23-24 Agustus.

Ketua DPP PDIP, Komarudin Watubun mengatakan pengumuman tersebut menjadi gelombang terakhir sebelum pendaftaran di KPU dibuka pada 27 Agustus.

Gelombang pertama sebelumnya diumumkan pada 14 Agustus.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ya, mungkin akhir-akhir Minggu ini tanggal 23-24 itu gelombang terakhir," kata Komar di instansi DPP PDIP, Selasa (20/8).

Pengumuman calon kepala wilayah PDIP bakal langsung disampaikan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. Beberapa pilkada nan calonnya sejauh ini belum diumumkan PDIP untuk diusung adalah untuk Pilgub DKI Jakarta, Pilgub Jabar, Pilgub Jateng, dan Pilgub Jatim.

PDIP sekarang terus menggelar rapat intens mengenai lanjutan proses pencalonan kepala daerah, termasuk DKI nan sebelumnya ditinggalkan oleh kebanyakan partai. Komar menyebut keputusan MK nan mengubah syarat pencalonan merupakan kemenangan buat masyarakat.

Sebelumnya, kata Komarudin, ada upaya dari sejumlah pihak untuk meninggalkan PDIP di Pilkada. Kini putusan MK memastikan PDIP bakal bisa mengusung calon.

"Tapi, ada upaya untuk bunyi rakyat itu dibungkam. Hari ini terbuka dan kita bakal segera memproses calon, bukan saja DKI, seluruh Indonesia nan ada upaya kekuasaan untuk PDIP, tidak boleh mengusulkan calon, kita bisa ajukan," kata Komarudin.

(thr/kid)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional