Khofifah Ingin Rekonsiliasi Semua Partai Mendukungnya di Pilkada Jatim

Sedang Trending 3 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Kamis, 06 Jun 2024 17:13 WIB

Khofifah Indar Parawansa berambisi seluruh partai politik mendukungnya berbareng Emil Dardak sebagai pasangan cagub dan cawagub Jatim di Pilkada 2024. Bakal calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan mau membujuk rekonsiliasi partai-partai nan berbeda koalisi pada Pilpres 2024 untuk mendukungnya di Pilkada 2024.. (CNN Indonesia/Ramadhan Nur Fadillah)

Jakarta, CNN Indonesia --

Bakal calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan mau mewujudkan rekonsiliasi partai-partai nan berbeda koalisi pada Pilpres 2024 untuk mendukungnya di Pilkada 2024.

Khofifah berharap seluruh partai politik mendukungnya berbareng Emil Dardak sebagai pasangan cagub dan cawagub Jatim.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Yang saya maksud rekonsiliasi adalah, pada hubungan partai pengusung di Pilpres itu semaksimal mungkin kita bisa membangun keberseiringan di Jatim ini," kata Khofifah di kediamannya, bilangan Jemursari Surabaya, Kamis (6/6).

"Jadi kita berambisi bahwa Jatim bakal menjadi format rekonsiliasi nasional, referensinya ada di Jatim," ujarnya menambahkan.

Khofifah mencontohkan langkah DPW PPP Jatim dan Perindo nan telah memberikan rekomendasi ke dirinya berbareng Emil Dardak. Kedua partai itu merupakan pengusung Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pilpres 2024.

Sementara kebanyakan partai nan sudah resmi menyatakan support ke Khofifah-Emil adalah partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) nan mencalonkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

"Karena itu beberapa waktu lampau DPW PPP Jatim sudah memberikan support dalam paket Khofifah-Emil, Perindo juga memberikan support paket Khofifah-Emil," ujarnya.

Ketua Umum Muslimat NU ini menambahkan bakal ada partai-partai lain nan segera menyatakan dukungannya kepada Khofifah-Emil.

"InsyaAllah bakal ada partai lain nan [akan mendukung Khofifah-Emil], kemarin kami baru koordinasi lagi di Jakarta," ucapnya.

Khofifah mengaku juga tetap membuka komunikasi dengan PDIP. Saat ini dirinya terus menjalin komunikasi dengan dengan salah satu tokoh internal partai berlambang banteng itu.

"Kita membangun komunikasi semaksimal mungkin. Kan ada policy-policy nan tidak ditangani satu orang, tidak ditangani satu level. sehingga masing-masing tentu bakal membangun komunikasi internal partainya dan kemudian kita bisa membangun keberseiringan untuk Pilgub Jatim," katanya.

Duet Khofifah-Emil sudah mengantongi rekomendasi dari PAN, Golkar, Demokrat, Perindo dan PSI, untuk maju sebagai pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur di Pilkada alias Pilgub Jatim 2024.

Sementara Gerinda baru memberikan rekomendasi kepada Khofifah sebagai bakal cagub Jatim. PKB, PKS, dan DPP PPP belum mengeluarkan sikap mengenai Pilgub Jatim.

(frd/fra)

[Gambas:Video CNN]

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional