KIM Pastikan Tak Usung Kaesang di Pilgub Jateng 2024

Sedang Trending 1 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

CNN Indonesia

Jumat, 23 Agu 2024 16:21 WIB

Koalisi Indonesia Maju (KIM) dipastikan tak bakal mengusung putra Jokowi, Kaesang Pangarep pada Pilgub Jateng 2024. Koalisi Indonesia Maju (KIM) dipastikan tak bakal mengusung putra Jokowi, Kaesang Pangarep pada Pilgub Jateng 2024. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad memastikan Koalisi Indonesia Maju (KIM) tak bakal mengusung putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep di Pemilihan Gubernur Jawa Tengah alias Pilgub Jateng 2024.

Dasco mengakui memang ada aspirasi mencalonkan Kaesang. Namun, dia menyebut KIM sudah sepakat memasangkan Ahmad Luthfi dengan Taj Yasin Maimoen.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sudah dari mungkin seminggu lebih nan lampau itu kemudian kita putuskan Pak Luthfi dengan Gus Yasin," kata Dasco di Kompleks Parlemen Jakarta, Jumat (23/8).

Dasco mengatakan keputusan ini bukan lantaran perubahan patokan nan diputus Mahkamah Konstitusi (MK). Dia menyatakan keputusan ini sudah diambil jauh-jauh hari.

Dia berkata, Kaesang juga tak berada di Indonesia. Kaesang sedang pergi ke Amerika Serikat pekan ini.

"Jadi memang, ini jujur ya, sebelum ada keputusan JR MK kita sudah berembuk untuk kemudian memang bakal memasangkan di Jateng itu Pak Luthfi dengan Gus Yasin," ucap Dasco.

Sebelumnya, Kaesang Pangarep masuk bursa Pilgub Jateng 2024. Nama Kaesang juga sempat merajai survei-survei kepala wilayah di Jateng.

Beberapa elite KIM sempat melirik Kaesang untuk diusung. Namun, KIM justru menetapkan pilihan kepada mantan Kapolda Jawa Tengah Ahmad Luthfi.

Di tempat terpisah, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani juga menyampaikan Ketua Umum Prabowo Subianto mendukung Komjen Pol Ahmad Luthfi untuk maju sebagai calon gubernur di Pilkada Jateng.

"Gubernur (Jateng) pilihan Gerindra nan dipilih oleh Pak Prabowo adalah Ahmad Luthfi. InsyaAllah beliau bakal kita usung sebagai calon gubernur di Jawa Tengah," kata Muzani di DPP Partai Gerindra, Jakarta, Jumat (23/8).

Muzani mengungkapkan pasangan nan bakal mendampingi Ahmad Luthfi adalah seorang santri nan berasal dari Jawa Tengah.

(dhf/pmg)

[Gambas:Video CNN]

Yuk, daftarkan email jika mau menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Dengan berlangganan, Anda menyepakatikebijakan privasi kami.

Selengkapnya
Sumber cnnindonesia.com nasional
cnnindonesia.com nasional