KKP Akui Starlink Bantu Perlancar Komunikasi dengan Petugas Lapangan di Tengah Laut

Sedang Trending 2 bulan yang lalu
ARTICLE AD BOX

TEMPO.CO, Jakarta - Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Pung Nugroho Saksono mengatakan pemasangan Starlink di kapal-kapal nan menjaga perbatasan sangat membantu. "Saya sendiri nan ikut operasi di laut, kehadiran starlink sangat membantu," kata Pung di Gedung Mina Bahari IV KKP, Jakarta, Jum'at, 2 Agustus 2024.

Starlink digunakan untuk membantu komunikasi di laut, nan selama ini terjadi halangan di lapangan. Menurut Ipung, selama ini cukup susah melakukan komunikasi di tengah laut, namun setelah memanfaatkan jasa Starlink, pihaknya bisa berkomunikasi 24 jam nonstop dengan petugas di lapangan. "Ketika ada penangkapan kapal nan melanggar, kami bisa lakukan pemerikasaan melalui video call dengan petugas lapangan," ucap Dirjen PSDKP tersebut.

Ia menambahkan, starlink juga menjadi solusi bagi anggota, lantaran bekerja di laut menghalang anggotanya untuk berkomunikasi dengan keluarga, "menjadi solusi, hambatan psikis buat personil kami," kata dia.

Walau cukup terbantu dengan keberadaan Starlink, bukan berfaedah tanpa kendala. Saat badai, sinyal tetap alami gangguan. "Koneksi agak terputus-putus," ujarnya.

Iklan

Sementara ini, akomodasi Starlink sudah terpasang di seluruh kapal pusat milik PSDKP namun baru terpasang di beberapa kapal unit pelaksana teknis (UPT), teruatama nan beraksi di perbatasan. Menurut Pung, saat ini armada PSDKP baru tersedia 30 kapal. Padahal idealnya, untuk memantau dan melakukan pengawasan, kata Ipung, setidaknya perlu ada 78 armada.

Pilihan editor: Geger Penjualan Pulau, Pemprov Maluku Utara Membantah Jual Kepulauan Widi

ANTARA

Selengkapnya
Sumber Tempo.co Bisnis
Tempo.co Bisnis